Sekretariat Bersama Memperkuat Gugus Tugas KLA Jabar Kluster IV

Rapat Koordinasi Pembentukan Sekretariat Bersama Pemenuhan Hak Pendidikan Anak dilaksanakan Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat merupakan bagian dari program SLB Bersinar yang didukung oleh dana bantuan pendampingan  Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Kemdikbud tahun 2015. Kemitraan khas KerLiP dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat diperkuat dalam kampanye sekolah dan rumah sakit aman pasca gempa bumi Tasik 2 September 2009. Kami melanjutkan upaya penanganan psikosial untuk para penyintas anak dan perempuan di Tasik, Ciamis, Garut, Bandung, dan Cianjur dengan menjangkau sekolah/madrasah di Jawa Barat.

Dukungan dan kemitraan khas dengan Pak Dudi yang dulu menjabat Sekdisdik Provinsi Jabar yang kini menjadi Kepala Diskominfo Jabat terus berlanjut. Pak Teguh staf beliau hadir dalam Rakor yang dilaksanakan pada Hari Ibu, 22 Desember 2015. Pak Asep Hilman yang dulu kami kenal saat menjadi Kabid Dikmen Disdikprov Jabar dan kini Kepala Dinas Pendidikan Jabar memberi dukungan sepenuh hati. Pembentukan Sekber PHPA ini menyambut inisiatif Asdep PHPA Deputi TKA Kempppa yang juga pelaksana Gugus Tugas KLA Nasional untuk menghimpun semua praktik baik di pendidikan. Keberadaan Sekretariat Tim Pembina UKS Jawa Barat akan diperkuat dengan Tim Pembina Sekolah Madrasah Aman dari Bencana, Tim Pembina SLB Bersinar, dan turunannya  dalam bentuk Tim Pelaksana UKS di sekolah/madrasah.

image

Amanat ibu Dian, Kabid KPA BP3AKB Jabar yang menegaskan arti penting mengaktifkan Gugus Tugas KLA bidang Pendidikan di Jabar kami sambut antusias. Beberapa data tentang korban pada usia anak menyadarkan peserta Rakor tentang pentingnya perlindungan anak. Bu Dian juga menunjukkan praktik-praktik baik BP3AKB Jabar termasuk partisipasi anak dalam wadah Forum Anak Jabar yang sudah terbentuk di 27 kota/kabupaten di seluruh Jawa Barat dengan nama-nama yang khas.

image

Paparan lengkap pemenuhan hak dan perlindungan anak dari Bu Dian diperkuat dengan latar belakang ratifikasi Konvensi Hak Anak oleh Pemerintah Indonesia yang disajikan Ibu Dewi, Kabid  Advokasi PHPA KPPPA. Beberapa pertanyaan peserta terkait prinsip-prinsip umum KHA dan respon liar biasa dari Forum Anak Jawa Barat membuat Rakor terasa berbeda.

image

Peserta rakor juga difasilitasi Pak Rano dari BPBD Jawa Barat untuk memahami pengurangan risiko bencana termasuk di pendidikan melalui penerapan sekolah aman. Duta anak Jawa Barat menyambut antusias tawaran Pak Rano untuk membuat rambu evakuasi dan titik kumpul aman yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

image

Secara khusus saya sampaikan tentang tekad kami untuk memperkuat Sekretariat TP UKS provinsi Jawa Barat dengan Sekretariat Bersama Pemenuhan Hak Pendidikan Anak. Paparan para narasumber ini memberikan wawasan yang lengkap mengenai arti penting sinergi masyarakat dan pemerintah dalam membangun harmoni bangsa demi kepentingan terbaik anak.

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s