Penyusunan Rencana Aksi SLB Bersinar #1

Rifqi, Naretta, dan kawan-kawan dari Forum Anak Jawa Barat pamit untuk menyerahkan hadiah bunga bagi para pembina di BP3AKB Jabar. “Nabila dan Zahwa akan mengikuti agenda siang ini bersama Bu Tari, ya Bu. Kami harus menyerahkan hadiah pemenang foto selfiewithmom dan bunga ucapan selamat Hari Ibu, “kata Naretta sambil bersalaman. Suara Dina terdengar dari dalam memanggil peserta Rakor untuk kembali masuk dan menyusun kelompok.

Pembagian kelompok kami sesuaikan untuk menghasilkan Rencana Aksi SLB Bersinar, antara lain:

1. SMPN 11 dan SLB Kasih Ibu dari Kota Bandung
2. Semesta Hati dan SLBN Citeureup dari Kota Cimahi
3. TK-SD Plus Marhamah Hasanah dari Kabupaten Bandung
4. SLBN Baleendah Kabupaten Bandung dengan Duta Anak dari SMPN 35 Kota Bandung.

Diskusi Terfokus

Setiap kelompok mendiskusikan Rencana Aksi Sekolah Bersinar dengan mengintegrasikan Indikator Sekolah Ramah Anak ke dalam 8 Standar Nasional Pendidikan. Duta Anak YES4SaferSchool dan Forum Anak Jawa Barat menjadi konsultan anak di setiap kelompok untuk menetapkan langkah awal rintisan SLB Bersinar.

Kelompok 1 SMPN 11 Bandung difasilitasi oleh Ibu Nia Kurniati sangat beruntung karena mendapatkan input dari Kang Aden dan Zahwa, peserta didik SMAN 17 aktivis Forum Anak Jawa Barat. Sahlan dan Yunika yang terlatih YES4SaferSchool melalui model mentoring sebaya menjadi konsultan anak. Mereka sepakat menerima tawaran perwakilan orangtua peserta didik SLB Kasih Ibu di Kopo sebagai sekolah model.

Zahwa, Yunika, dan Sahlan mempresentasikan hasil diskusi terfokus kelompok pertama. Ada beberapa tahap kegiatan YES4SaferSchool di SLB Kasih Ibu yang mereka rumuskan. Selengkapnya kita simak foto di bawah ini.

image

image

image

image

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s