Praktik Baik #3 Gerakan Siswa Bersatu

image

Gerakan Siswa Bersatu dari Bandung kembali menginspirasi warga Jawa Barat dalam Semiloka Peningkatan Partisipasi Anak Wujudkan Indonesia Bersinar di SLB. Fina, Yunita, Dimas, dan Sahlan, perwakilan anak SMPN 11 Bandung yang sedang belajar bersama sahabat KerLiP untuk menginisiasi kembali  #YES4SaferSchool mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari berbagai kalangan pada kegiatan yang dilaksanakan di SLBN Cicendo hari Jum’at, 18 Desember 2015.

Mereka memilih judul GSB MeSRA Mewujudkan Sekolah Ramah Anak. Fina menyampaikan tahap demi tahap YES4SaferSchool yang dilakukannya bersama kelas 7 siang dengan dukungan Kepala Sekolah dan dewan guru.

Yunita menyampaikan tentang rencana #YES4SaferSchool yang inklusif mulai dengan sirine dalam bentuk ringtone yang berbeda untuk rambu evakuasi bagi para penyandang tuna netra lengkap dengan jalur khusus yang dibuat “bergerigi” dan pegangan khusus untuk menuju titik kumpul aman.

Dimas menyampaikan tentang lampu merah, kuning, hijau yang menyala jika ada getaran sebagai rambu evakuasi bagi penyandang tuna rungu lengkap dengan helm berlampu untuk melindungi kepala saat anak-anak menyelamatkan diri ke titik kumpul aman.

Sahlan yang menjadi ketua GSB MeSRA 2015, mempresentasikan perlengkapan evakuasi untuk kelompok yang lamban belajar. Sirine dengan bunyi yang berbeda diikuti bendera bergambar singa untuk zona bahaya, kucing zona hati-hati, dan ikan mas untuk zona aman yang dapat menuntun anak yang lamban belajar menyelamatkan diri dengan tertib ke titik kumpul aman.

image

Apresiasi untuk Kepedulian

Anak-anak kelas Digital SMPN 11 sangat beruntung bisa menyimak sambutan dari Kadisdik Kora Bandung, Kabid PKLK Disdikprov Jabar, dan Ibu Netty, istri Gubermur Jabar, Ketua P2TP2A Jabar. Mereka juga disuguhi informasi yang menarik tentang terapi gratis untuk penyandang difable di Kota Cimahi dari Asda II Pemkot Cimahi yang sebelumnya menjadi Kadinsosnakertrans hasil kerjasama dengan Save the Children dan Ikea.

image

Kliping koran dari Pikiran Rakyat hari Sabtu, 19 Desember 2015 menunjukkan komitmen para pemangku kepentingan untuk Jabar Inklusif.

Bu Muftiah dari Pokja Inklusif Kota Bandung memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kepedulkan Duta Anak #YES4SaferSchool. Beberapa masukan tentang pentingnya memperkuat aksesibilitas bagi tuna netra termasuk dari Pak Dida yang hadir bersama beliau menambah keyakinan kami bahwa kepedulian ini perlu diwujudkan bersama.

image

Bu Muftiah mempersilakan GSB Bersinar SMPN 11 untuk safari GeMBIRA ke SLBN Pajajaran. Undangan yang sama juga disampaikan Kepala SLBN Bale Endah dan orang tua siswa SLB Kasih Ibu Kopo. Anak-anak hebat ini juga mendapatkan apresiasi dari bu Engkom pimpinan SD Plus Marhas Kopo yang sudah menerapkan pendidikan inklusif sejak didirikan dalam dampingan Tim Litbang KerLiP. Safari GeMBIRA Nanila dan Forum Anak Jawa Barat ke SD Plus Marhas mendapatkan dukungan yang luas. Bu Engkom menyampaikan harapan untuk kembali menerima Duta Anak di sekolahnya.

image

Dukungan Alumni dan Manajemen Sekolah

Kehadiran Arlian, alumni SMPN 11 Bandung, penerima anugerah BNPB atas inspirasinya bersama perintis GSB Mewujudkan Sekolah Aman yang dikembangkan 2011 lalu dalam dampingan KerLiP memberi arti tersendiri. Arlian adalah mentor sebaya sumber inspirasi belajar ramah anak yang tumbuh bersama KerLiP menjangkau berbagai kalangan. Penjelasannya tentang GSB MeSRA dan simulasi evakuasi yang meilbatkan seluruh warga sekolah yang direncanakan, dilakukan, dilaporkan, dan disebarluaskannya diharapkan menjadi LIBRA bagi adik-adik kelasnya.

image

Pak Miftah yang hadir mengiringi anak-anak menjelaskan tentang pentingnya kepemimpinan Kepala Sekolah untuk menjaga keberlanjutan praktik baik Gerakan Siswa Bersatu khususnya di SMPN 11 Bandung. Saya mengajak Fina dan kawan-kawan untuk menyusun rencana aksi dengan komitmen tertulis dalam rencana kegiatan dan anggaran sekolah menindaklanjuti obrolan panjang dengan Pak Raya, Kepala SMPN 11 Bandung.

Semoga kali ini lebih baik dan berkelanjutan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s