9 Agenda Penting di Akhir Tahun untuk SLB Bersinar

Jelang akhir tahun ini masih banyak agenda penting untuk menebar praktik baik menuju #Indonesia Bersinar

1. Belajar Bersama Duta Anak YES4SaferSchool di Sekolah Bersinar SMPN 11 Bandung

Kabar gembira dari Fitry tentang rencana belajar bersama di SMPN 11 Bandung membatalkan niat saya untuk kembali ke Lombok Timur tanggal 16-18 Desember bersama Kemensos. Belajar bersama 27 anak-anak keren dengan keistimewaan lebih difasilitasi Ibu Nia lebih menarik hati. Agenda hari ini Cara Asyik Cari Tahu zona aman, hati-kati, dan bahaya di sekolah, titik kumpul aman, dan prosedur tetap evakuasi anak-anak yang inklusif.

Duta anak ini akan melaksanakan Safari GeMBIRA ke salah satu SLB pada tanggal 17 Deeber.

2. Fasilitasi Pelatihan SRA bagi Guru

Bu Tety, Bendahara umum FGII ini baru saja menyelesaikan tugas sebagai PKS Kurikulum SMAN 24 Jakarta. Ia bergegas mengikuti kegiatan ujicoba modul ToT SRA yang dilaksamakan Asdep PHPA Deputi TKA KPPOA di Morrissey minggu lalu dengan semangat membara. Bu Elvy, Asdep PHPA menangkap semangatnya dan memfasilitasi pelatihan SRA bagi 30 guru Jakarta di SMAN 24 pada tanggal 17 Desember 2016.

Zamzam harus memenuhi tanggung jawabnya sebagai konsultan kajian Perencanaan Penganggaran Responsif Anak Bappenas dan pergi ke Kupang bersama Bu Yosi dan staf. Kegiatan di Kupang dilaksanakan pada tanggal yang sama. Ia menyiapkan kerangka acuan kegiatan pelatihan guru sebelum berangkat ke Kupang hari ini.

3. Seminar dan Lokakarya Peningkatan Partisipasi Anak Difable dalam Mewujudkan Indonesia Bersinar di SLB Jawa Barat

Alhamdulillah, atas ijin Allah, niat saya untuk memulai SLB Bersinar di Jawa Barat terlaksana juga. Persiapan program kami laksanakan secara paralel di tingkat sekolah dan provinsi. Ibu Nia menjadi fasilitator utama untuk menyiapkan Duta Anak YES4SaferSchool di SMPN 11 Bandung yang akan menjadi mentor sebaya di SLB mitra. Fitry memfasilitasi kegiatan tersebut dengan menyertakan fasilitator dari Semesta Hati dan SLB.

Terima kasih kepada Kadisdik Provinsi Jawa Barat, Pak Asep Hilman atas perkenannya mengijinkan penggunaan aula SLBN Cicendo dan kerjasamanya dalam menyiapkan Semiloka dan Rakor.

image

Perangkat administrasi dan surat menyurat sudah disiapkan Aas sebelum pergi ke Alor. Bu Sari yang bertanggung jawab menyiapkan acara Semiloka tersebut. Sata meminta Fitry untuk mengajak anak-anak SMPN 11 melakukan Safari GeMBIRA ke SLBN Cicendo sekaligus untuk menyiapkan tempat semiloka.

Insya Allah siap hadir kawan sealmamater yang menjadi Asda II Kota Cimahi sebelumnya Kadinsosnakertrans, Kadisdik Kota Bandung, Kadisdikprov Jabar, Direktur PKLK Dikdasmen, Forpadi, Bu Nia, dan Pak Aripin dari Semesta Hati,dan Fina sebagai narasumber utama. 

4. Workshop Pengurangan Risiko Bencana DIt Pembinaan PKLK Dikdasmen

Perkumpulan KerLiP mendapat amanah 2 materi kegiatan penutup dalam workshop yang diselenggarakan Direktorat Pembinaan PKLK Dikdasmen tanggal 19 Desember 2015. Pertama memfasilitasi diskusi penyusunan program prioritas  PRB 2016 dan identifikasi kegiatan-kegiatan terkait. Kedua advokasi PRB ke pemerintah dan masyarakat.

image

Saya masih perlu mengatur jadwal kembali. Agendanya ternyata bentrok dengan kegiatan Koalisi Perempuan Indonesia pada tanggal 19 Desember di Wisma Taruna.

image

5. Rapat Koordinasi Pembentukan Sekretariat Bersama Pemenuhan Hak Pendidikan Anak di Jawa Barat

Surat undangan rapat koordinasi sudah disiapkan Disdik Provinsi Jawa Barat atas prakarsa Kabis PKLK Disdikprov Jabar, Dr.Dadang dibantu stafnya. Kami menindaklanjuti pembicaraan informal dengan Ibu Kabid KPA BP3AKB Jabar dan Pak Asda II Pemprov Jabar Pak Hadadi dalam rapat koordinasi Gugus Tugas Trafficking di Jatinangor.

image

Insya Allah fokus kegiatan 2015-2016 adalah memetakan siapa,melakukan apa, dan dimana terkait Jabar Bersinar lalu Rencana Aksi Jabar Bersinar. Kami juga sudah mendapatkan komitmen asdep PHPA Deputi TKA KPPPA yang menginisiasi pelbagaan Forum SRA Nasional bersama 12 K/L serta Forum/Sekber PHPA di provinsi dan Forum SRA di kota/kabupaten.

Rakor akan dilaksanakan pada tanggal 22 Desember di oproom Kadisdik Provinsi Jawa Barat dengan mengundnlang SKPD terkait, lembaga masyarakat, jurnalis, sekolah/madrasah, dan SLB.

6. Sosialisasi Keluarga Panutan di Riau

Pendidikan Anak Merdeka, Bermutu, dan Bebas Pungutan atau Panutan dirumuskan dalam perjalanan pulang
ke Bandung bersama Bu Sari. Lalu Zamzam menyiapkan Program Panutan untuk merespon permintaan Sahabat Kartini yang berencana mentediakan kursus keterampilan bagi perempuan-perempuan di rumah susun.

Kemitraan khas dengan Kadisdik Riau sebagai sesama pengurus Gerakan Indonesia Pintar memungkinkan program ini masuk ke dalam rencana kegiatan 2015 di Riau. Sosialisasi program panutan bersama Ibu Dewi Kabid Paudikmas Disdik Riau akan dilaksanakan pada tanggal 22-24 Desember 2015.

7. Silaturahmi Tim Pokja TPPO KTPA Kemensos ke GKI Maulana Yusuf

Persahabatan saya dengan Pendeta Patry menjawab keinginan teman-teman Tim Pokja untuk melakukan Sapa Natal pada tanggal 25 Desember 2015. Panitia Natal GKI Maulana Yusuf berkenan menyediakan tempatenginap bagi 6 anggota tim yang susah menyatakan kesiapannya untuk hadir

8.Rapat Pendirian Kopsya Sahabat KerLiP

Rencana pembentukan Kopsya Sahabat KerLiP sudah dirancang sejak Dede.masih bekerja disini. Beberapa.kali gagal dieksekusi dengam berbagai pertimbangan. Alhamdulillah jelang ulang tahun ke-16 KerLiP, tekad bulat saya mendapat dukungan Ayi,adik bungsu kami. Insya Allah Kopsya siap didirikan pada tanggal 24 atau 25 Desember 2015.

9. Rapat Kerja Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan

Rencana transisi untuk meningkatkan profesionalitas KerLiP disambut gembira oleh semua Sahabat KerLiP. Sekretariat di Dago Barat siap difungsikan pada tahun 2016. Sekolah KecilQBKB KerLiP akan dipindahkan ke sekretariat. Perpustakaan KerLiP juga akan dikelola lebih baik.

Penataan manajemen keuangan mulai diaktifkan Aas.sebagai bendahara pengganti Nining. Rencana pengeluaran dan pencatatan keuangan untik beberapa kegiatan yang sedang berjalan mulai dirapikan.

Insya Allah Rapat Kerja akan dilaksanakan pada tanggal 28 Desember 2015.

Advertisements

One thought on “9 Agenda Penting di Akhir Tahun untuk SLB Bersinar

  1. Mohon bantuan publikasi untuk kegiatan lomba inovasi pembelajaran bagi para guru dan siswa siswi SD, SMP, SMA dan yang sederajat….info lengkap dan registrasi bisa melalui http://www.inec.or.id…..fb: west Jawa nextgen education
    Kirimkan karya terbaik dan menangkan hadiah cash dan edutraveling ke singapore
    terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s