Koordinasi Pembentukan Sekretariat Bersama Pemenuhan Hak Pendidikan Anak di Jawa Barat

Jarum pendek jam di dinding sudah mendekat ke angka 8. Saya masih berkutat memperbaiki ToR Semiloka Peningkatan Partisipasi Peserta Didik SLB Menuju Indonesia Bersinar dan Rapat Koordinasi Pembentukan Sekretariat Bersama Pemenuhan Hak Pendidikan Anak dj Jawa Barat. “Alhamdulillah ada Bu Sari. Bisa minta tolong belikan kertas HVS, Bu? Benar-benar habis, “ujar saya sambil beranjak meninggalkan kursi mencari dompet. “Saya sekalian belanja ke pasar Simpang, Bu, “Teh Imas ikut nimbrung. Pagi ini rumah terasa penuh. Kang Jaka dan Pak Budi sudah mulai mengerok bagian dinding kamar yang sudah mau ambruk.

“Jam berapa sebenarnya kita bertemu Kabid PKLK, Bu?” Tanya bu Sari sambil menyimpan kertas HVS di dekat printer. Seharusnya kami sudah berada di Dinas Pendidikan Provinsi pukul 08.00 WIB, tapi bahan pertemuan yang dikirim Aas kemarin masih perlu perbaikan. Akhirnya kami bisa tib di ruang Dr. Dadang Rahman, Kabid PKLK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat,pukul 08.05 WIB. Pak Kabid memanggil bu Ester untuk membahas teknis persiapan Semiloka dan Rakor. Bu Ester, kasi peserta didik data membawa print out ToR yang saya kirimkan kepada Pak Kabid sebelum berangkat ke Disdikprov Jabar.

Pemenuhan Hak Pendidikan Anak Difable

“Ada 790 sekolah inklusif binaan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Anak-anak masuk ke dalam kelas reguler pada jam pelajaran tertentu dan berada di kelas layanan khusus pada jam pilihan untuk menyiasati keterbatasan aksesibilitas,” kata Pak Kabid menjelaskan model sekolah inklusif di Jawa Barat. Beliau juga menyampaikan harapannya untuk bersama-sama menjangkau sekolah inklusif di daerah 3T di Jawa Barat dalam penerapan YES4SaferSchool yang diamanatkan Kadisdik Provinsi Jawa Barat, Pak Asep Hilman.

Kegiatan Semiloka akan dilaksanakan di SLBN Cicendo pada tanggal 18 Desember 2015 dan dilanjutkan dengan Rakor serta penyusunan Rencana Aksi Sekretariat Bersama Pemenuhan Hak Pendidijan anak pada tanggal 22 Desember 2015 di ruang pertemuan Kadisdik Provinsi Jawa Barat. Dukungan dari Disdikprov Jabar dalam bentuk tempat, perlengkapan, dan surat undangan akan disiapkan setelah surat permohonan resmi disampaikan Perkumpulan KerLiP.

Festival Pengembangan Kreativitas Difable

Bu Sari dan saya sedang menunggu Pak Gunandar di rumah untuk membahas persiapan kajian restitusi dalam Tindak Pidana Perdagangan Orang. “Bu Yanti ada dimana sekarang? Bisa bergabung di Wyata Guna?” ternyata telpon dari Pak Kabid. Saya langsung bergegas mengajak bu Sari ke jalan Pajajaran. Beliau mengenalkan kami dengan Kang Aden, Hendrik, dan Pak Jumono dari Forpadi sebelum memberikan sambutan. Hari ini sedang berlangsung festival pengembangan kreativitas difable yang dilaksanakan Forum Perjuangan Difabel (Forpadi) dalam rangka memperingati Hari Disabilitas.

image

Anak-anak difable terlihat gembira mengikuti festival. Berkali-kali saya meminta ijin untuk mendokumentasikan kegembiraan mereka. Ada haru, bangga, penasaran, dan bahagia menyaksikan beragam kompetensi yang mereka tunjukan. Nita dari Log In Foundation memperkenalkan diri melalui sms. Kami bertukar nomor HP. Gadis penyandang tuna rungu berkerudung biru menyiasati keterbatasan saya membaca bahasa isyarat anak-anak dari SLBN Cicendo dan Sanggar di Jalan Kemuning.

image

Anak-anak difable tertawa terpingkal-pingkal tanpa suara dengan beragam bahasa isyarat mereka begitu memukau. Saya makin kagum setelah mendengar penjelasan guru SLBN Cicendo tentang kepiawaian Nita dalam teknologi informasi yang membuatnya diterima bekerja di Log In Foundation serta Kopi Cicendo a la starbuck yang disajikan untuk Pak Kabid.

Insya Allah mulai Semiloka nanti saya bertekad untuk menjadikan KerLiP Bersinar dengan menyediakan penerjemah ke dalam bahasa isyarat. Kami juga sepakat untuk menerima penyandang difable pada saat KerLiP menempati kantor baru.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s