Meningkatkan Partisipasi Peserta Didik Difable dalam Kerangka Kerja Indonesia Bersinar

Anak-anak asuhan Teh Iwang terlihat antri cuci tangan saat kami mendiskusikan rencana peningkatan partisipasi anak penyandang difable dan CIBI di SLB dan sekolah inklusif dalam mewujudkan Indonesia Bersinar. Ibu Nining, Kasubdit Peserta Didik Direktorat Pembinaan PKLK Dikdasmen memberikan dukungan finansial untuk Perkumpulan KerLiP dalam menerapkan Sekolah Aman terintegrasi dengan sekolah bersih dan sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup,  inklusif, ramah anak, dan menyenangkan. Kami baru saja memutuskan untuk bekerja sama dengan koordinator pengawas kota Bandung memulai penerapan Sekolah Bersinar di wilayah Bandung Selatan.

image

Ksatria akan mendampingi SLB Cijaura , Bu Nia di SLBN Cileunyi dengan dukungan Duta Anak YES4Safer School dari SMPN 11, Pak Aripin di SLBN Citeureup Cimahi dengan dukungan Sekolah Semesta Hati. Bu Sari mendukung kesekretariatan bekerjasama dengan Aas dan Fitry sebagai penanggung kawab knowledge management program pendampingan SLB Bersinar.

LIBRA SLB Bersinar

Cara Asyik Cari Tahu yang dilaksanakan Fina dan tim dalam YES4SaferSchool bulan Oktober 2015 dengan dalam dampingan Bu Nia serta hasil FLRT dan ToT Sistem Perlindungan Anak yang diikuti Ksatria juga praktik baik inklusif  Pak Aripin di Semesta Hati akan menjadi Lembaran Inspirasi Belajar Ramah Anak dalam pendampingan SLB Bersinar.

Praktik baik bu Nia dan Amilia Agustin dalam pengelolaan sampah berbasis sekolah di SMPN 11 dengan pembinaan Anil dari YPBB dan pengembangan kapasitas dari Ashoka Indonesia akan diperkaya dengan inisiatif sekolah berkebun dalam dampingan 1000 berkebun di SD Hikmah Teladan.

Narasumber yang akan kami hadirkan untuk sekolah yang lebih aman dari konflik adalah Shadia dari Aceh dan sekolah aman di SLB dari praktik baik ASB Yogyakarta. Keduanya sangat kompeten dalam menerapkan sekplah yang lebih aman di satuan pendidikan inklusif dan SLB.

Kami juga didukung oleh Kadisdik Kota Bandung,Pak Elih dan Kabid PKLK  Disdikprovinsi Jawa Barat, Kepala BP3AKB Jabar serta Asdep PHPA Deputi TKA KPPPA untuk melembagakan Sekretariat Bersama Pemenuhan Hak Pendidikan Anak di Dinas Pendidikan Jawa Barat. Rencananya semiloka akan dilaksanakan minggu depan di Aula Disdikprov Jabar dilanjutkan Rapat Koordinasi yang sudah dirintis bersama Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat sejak Oktober 2015.

Insya Allah SLB Bersinar mulai dari Jawa Barat di penghujung 2015 akan menjadi pijakan awal dalam upaya menggiatkan keluarga peduli pendidikan jadikan Indonesia bersih, sehat, inklusif, aman, ramah anak, dan menyenangkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s