Menghadirkan Praktik Terbaik Penanganan Perdagangan Orang dari Jawa Barat

image

Senang dan bangga menyimak paparan Ibu Kepala BP3AKB Jabar yang juga pelaksana Gugus Tugas Trafficking Provinsi Jawa Barat. Berbagai kebijakan yang mendukung upaya untuk memutus mata rantai perdagangan orang di Jawa Barat seperti Perda Ketahanan Keluarga menunjukkan komitmen pemerintah Jawa Barat. Kerjasama gugus tugas di Jabat dengan masyarakat sipil, yakni Pekka juga merupakan praktik baik untuk perluasan dampak. “Perlu komitmen dari semua anggota gugus tugas untuk mengalokasikan anggaran yang memadai agar kebijakan yang sudah baik seperti di Jawa Barat diimplementasikan dengan baik pula, “kata Ibu Nenny.

image

Ratna dan Carla memoderasi diskusi panel yang menghadirkan Gugus Tugas Trafficking Jabar, perwakilan dari Kemenlu, dan Bareskrim sebagai narasumber. Terungkap data-data penanganan penyintas perdagangan orang yang dilaksanakan Kemenlu, Kemensos, Gugus Tugas Trafficking Jabar dan Polri. Tanggapan dan pertanyaan peserta serta paparan narasumber menunjukkan bahwa Kemenlu dan Kemensos berkomitmen penuh dengan menyediakan alokasi anggaran untuk program rehabilitasi sosial dan mitigasi dampak perdagangan orang termasuk dengan kekerasan seksual.

Mekanisme Rujukan

“Pemerintah Daerah perlu didorong untuk mengalokasikan anggaran yang memadai untuk memperkuat dan mempercepat penghapusan trafficking di Indonesia, “bisikan Pak Sony di sebelah saya menambah daftar panjang rekomendasi yang perlu dirumuskan Tim Pokja PPO KTPA. Ketersediaan mekanisme rujukan yang jelas juga dikemukakan oleh narasumber dari Polri. Peraturan Presiden tentang trafficking sudah mengatur dengan jelas tugas, wewenang, dan tanggung jawab 19 kementerian/lembaga. Gugus tugas trafficking juga sudah terbentuk di semua provinsi namun belum semua kota/kabupaten membentuk gufus tugas tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s