Mengenal Mendikbud Anies Baswedan Lebih Dekat

Nama Anies Baswedan dan Indonesia Mengajar-nya sudah lama saya dengar sebelum bekerja sama merumuskan penanda perbaikan Sistem Pendidikan Nasional jelang akhir tahun 2014 lali. Penerimaannya yang tulus terhadap 88 relawan gayung bersambut dengan semangat tinggi kedua belah pihak untuk mengedepankan kebaikan. Kami pun bergabung dengan relawan Mas Anies yang sudah lebih dulu bekerja di sana.

Kesadaran Berbangsa

Beberapa profesional muda menginvestasikan waktu, tenaga, dan pikiran dalam arahan Philia, alumni Matematika ITB yang memimpin McKinsey Indonesia dan diminta menjadi tangan kanan Mas Anies. Kami bekerja tanpa pamrih dalam lingkungan yang sangat dinamis. Kecurigaan dan sikap nyinyir dari sebagian orang terhadap yang lainnya berjalin kelindan dengan sikap para profesional muda yang tak jarang dipandang menyebalkan ternyata menebalkan rasa kebangsaan dalam diri masing-masing. Motif apapun yang melatarbelakanginya jadi tak terasa penting.

Saya dan para relawan plus Mas Imam bersepakat mengawal Indonesia Pintar dalam wadah gerakan. Berbagai manuver untuk mendapat kepercayaan Mas Anies sudah diupayakan Pak Kamsol, Bang Alpha, dan Bang Feber dengan penuh kesungguhan. Sementara itu, Mas Anies makin sibuk melakukan konsolidasi internal sesaat setelah diangkat menjadi Mendikbud. Saya dan Zamzam kembali bekerja demi kepentingan terbaik anak menggiatkan keluarga-keluarga peduli pendidikan inklusif, aman, dan ramah anak. Kami sepakat mendukung inisiatif Pak Kamsol.untuk melembagakan Gerakan Indonesia Pintar secara resmi.

image

Kesadaran berbangsa dan harapan kebaikan kembali memimpin negeri ini kami wujudkan dalam kerjasama yang indah hasilkan ELSI Ensiklopedia Lintas Sejarah Indonesia dalam Literasi Visual. Dukungan Mas Anies sebagai Mendikbud yang kami peroleh dalam bentuk Kata Pengantar pada masterpiece yang berhasil terbit Juli 2015 menjadi bukti kebersamaan yang indah di antara kami. Saat ini sahabat-sahabat KerLiP mulai mengemas program penyediaan ELSI untuk KerLiP dan menawarkan ke sekolah-sekolah berprogram khas. Hasilnya dipersembahkan untuk sahabat-sahabat anak di Sinabung, Alor, ADEM Papua, Tampan Riau, Sekolah Garasi Malang, GERASHIAGA di 48 sekolah di Bandung Selatan, juga mendukung sasaran program yang diusung bersama Tim Pokja PPO KTPA yang dikukuhkan Mbak Khofifah, Mensos RI

Sahabat-sahabat relawan Gerakan Indonesia Pintar terus menemukan dan mengenali alasan anak-anak putus sekolah di Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, dan Riau. Taman Pendidikan Anak Negeri sudah disosialisasikan Pak Kamsol di Riau. Praktik-praktik baik Pak Aripin dari Semesta Hati dengan beragam model pendidikan layanan khusus sudah kami hubungkan dengan Orang Laut Indonesia. Instrumen lampiran panduan Indonesia Pintar yang disusun Raka Pare sudah kami sebarluaskan ke relawan berkarakter. Kolaborasi sahabat-sahabat KerLiP dengan Direktorat PKLK Dikdasmen melalui Bu Renani terus berlanjut menjangkau mereka yang terpinggirkan.

image

Insya Allah seluruh kegiatan ini lahir dari kesadaran berbangsa untuk tumbuh bersama mencerdaskan kehidupan melalui pemenuhan hak pendidikan anak bersinergi dengan Mas Anies sebagai Mendikbud saat ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s