Advokasi a la KerLiP

[19/11 14:14] Bu Sari KerLiP Bandung: Assalamualikum ibu… Ibu mohon masukannya untuk syahna bu
[19/11 15:25] Bu Sari KerLiP Bandung: Direktorat yg undang ..wah tersanjung bgt
[19/11 15:32] yanti kerlip: Hehe iya Bu
[19/11 15:32] yanti kerlip: Model advokasi KerLiP seperti itu
[19/11 15:33] yanti kerlip: Mendorong reformasi kebijakan…
[19/11 15:33] yanti kerlip: Bu Sari terima emailnya dari Jamjam juga kan?
[19/11 15:33] Bu Sari KerLiP Bandung: Ya undangan yg diatas itu kan bu
[19/11 15:34] yanti kerlip: Iya
[19/11 15:35] Bu Sari KerLiP Bandung: Bu malam ini syahna hrs buat presentasi dan dikirim ke direktorat
[19/11 15:35] yanti kerlip: Syahna pasti bisa
[19/11 15:35] yanti kerlip: Presentasi Nabila di Bali juga bagus koq
[19/11 15:36] Bu Sari KerLiP Bandung: Partisipasi dan penghargaan terhadap anak ya bu
[19/11 15:38] yanti kerlip: Iya Bu

Obrolan di atas salah satu dari sekian dokumentasi kegiatan advokasi pemenuhan hak pendidikan anak yang dilaksanakan sahabat-sahabat KerLiP.

Memperkuat Reformasi Birokrasi

Keterlibatan KerLiP dalam kampanye dan advokasi education for all pada tahun 2002 tanpa rencana. Tim Litbang KerLiP baru saja “mengambil alih” proses penataan manajemen berbasis sekolah dan pengembangan pendidikan anak merdeka di SD Hikmah Teladan Cimindi. Pada saat bersamaan Mas Herry sedang merintis dialog komunitas pendidikan dengan CBE di Jakarta. Kami pun kemudian terhubung dengan Pak Fasli, saat itu Dirjen PLS Kemdiknas, ketua pelaksana Forum Koordinasi Nasional Pendidikan Untuk Semua.

Kegiatan kampanye dan advokasi EFA yang kami laksanakan berdasarkan prinsip tumbuh bersama demi kepentingan terbaik anak membawa gerakan KerLiP pada era baru. Lobby akbar anak yang kami laksanakan di Bandung pada rangkaian Sepekan Aksi Pendidikan Untuk Semja mendapat dukungan multipihak. Sejak saat itulah kami membawa gerakan KerLiP ke ranah advokasi khas dengan memperkuat reformasi birokrasi.

Gerakan Amal Pendidikan Rakyat (GAPURA) pun dirintis bersama Disdik Kota Bandung difasilitasi teh Evi yang kini menjadi Kepala BKD Pemkot Bandung. Tadi pagi saya mampir ke kantor BKD untuk mengantarkan ELSI pesanan beliau melalui inbox. Hubungan baik kami dengan pemkot Bandung khususnya Disdik Bandung dan Kemdikbud terus tumbuh seiring dengan aneka ragam kampanye dan advokasi pemenuhan hak pendidikan anak.

Beningnya Nurani Anak

Presentasi Hafiyyan, kelas 4 SD Hikmah Teladan saat lobby akbar bersama calon presiden Amien Rais tahun 2004 menjadi awal baru dalam perjalanan KerLiP. Kami belajar dari kesalahan tahun 2003 ketika anak-anak diajak untuk membawa dan membacakan siaran pers yang disusun oleh orang tua dan guru. Komitmen pemerintah untuk mengalokasikan anggaran sekurang-kurangnya 20% untuk pendidikan terus kami kawal dengan memperdengarkan suara anak.

image

Kampanye dan penerapan sekolah/madrasah aman dari bencana yang diluncurkan tahun 2010 serta refleksi setahun 1 MSSHC membuat kami makin yakin memilih untuk memastikan suara anak selalu menjadi prioritas dalam kegiatan KerLiP termasuk dalam memperkuat reformasi birokrasi agar dapat memberikan pelayanan psima dalam pemenuhan hak pendidikan anak.

Dalam kampanye sekolah aman kami sangat terbantu dengan kemitraan khas yang tumbuh bersama Arlian dan kawan-kawan yang membentuk Gerakan Siswa Bersatu Mewujudkan Sekolah Aman. Kini ada Syahna, Nabila,  Allisa, Fina yang menjadi mitra anak dalam upaya mewujudkan Sekolah Ramah Anak. Saya yakin upaya yang dilaksanakan Zamzam untuk memfasilitasi Direktorat Pembunaan SMA dalam meningkatkan kompetensi guru BK terkait mekanisme pengaduan yang menjadi ciri penting Sekolah Ramah Anak dapat segera disinergikan dengan upaya penguatan  P2TP2A dan Direktorat Rehabilitasi Sosial yang sedang saya lakukan di Kemsos dan BP3AKB Jabar.

Insya Allah seluruhnya demi kepentingan terbaik anak.

image

Advertisements

2 thoughts on “Advokasi a la KerLiP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s