Mengawal Gerakan Indonesia Pintar

Gerakan Indonesia Pintar lahir dari komitmen ahli, praktisi, guru, orangtua, keluarga peduli pendidikan yang berkomitmen penuh untuk memastikan semua anak Indonesia menikmati hak atas pendidikan inklusif, aman, ramah anak, bermutu dan bebas pungutan.

image

Beberapa solusi yang kami tawarkan mulai dari penjangkauan oleh relawan berkarakter dari RT ke RT di Cipaganti, Jatinangor, Pamengpeuk, Ciwidey, Cililin, Bumi Pakusarakan, Sukaasih, Semarang, dan yang terkini di Pekanbaru dan Suku Orang Laut Riau.

Peta jalan transformasi Menuju Indonesia Pintar

1. Transformasi Pesantren

image

2. Pemenuhan Hak Pendidikan Anak di LKSA

image

image

image

Kami memiliki kemitraan khas dengan Gerakan Indonesia Pintar yang digiatkan para inisiator Gerakan Indonesia Pintar, antara lain: Komunitas Raka Pare,  Sekolah Kecil Anak Merdeka (SeKAM), Semesta Hati, KerLiP, CDCC Muhammadiyyah, ADEM Papua, Sekolah Kecil, SAnDi KerLiP, Sekolah Terbuka, Safari GeMBIRA, TaMPAN, GenTaskin, Bilik Pintar, PANUTAN, KILAUNusantara, YES4SaferSchool, Kelas Layanan Khusus, GERASHIAGA, Dasawisma SIAGA, dan banyak inisiatif lainnya.

Kawal Indonesia Pintar

image

Wa grup ini kami buka setelah diskusi Revolusi Karakter Bangsa melalui Literasi Sejarah untuk Generasi Pembelajar yang dilaksanakan di Gedung A Kemdikbud pada tanggal.10 Juli 2015. Diskusi ini dilaksanakan dengan tujuan mengembalikan kecintaan anak-anak bangsa ke buku rujukan melalui lintas sejarah bangsa yang disajikan secara visual dan memfasilitasi para pembelajar dengan dukungan keluarga dan komunitas yang menggiatkan literasi sejarah ekologi sosial budaya di lingkungan tempat tinggalnya dengan sumber belajar yang inspiratif.

Berbagai inisiatif GIP kami diskusikan di grup tersebut. Saat ini ketua Dewan Pembina kami, Bapak Fasli Jalal bersama mitra meluncurkan portak kawalpendidikan.org. ada ratusan harapan yang disampaikan masyarakat yang akan mengawal pemenuhan hak pendidikan terutama di 10 kota/kabupaten piloting yang dilaksanakan Pak Fasli dan mitra.

KerLiP dan GENTaskin mengawal penanganan perdagangan orang dna kekerasan terhadap perempuan dan anak dalam Tim Pokja yang dibentuk oleh Mensos RI sejak awal 2015. Kami rutin bertemu dengan berbagai CSO dan LSM yang bergerak di perempuan dan anak serta buruh migran.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s