Menggali Praktik Baik Pengembangan Kreativitas Anak

Zamzam sudah sampai di km 100 menuju Bandung saat saya bersiap ke Jakarta. Hari ini pukul 8 pagi, Ira Shintia dari Eco Ethno, perintis BCCF berkenan menerima tim kajian kebijakan pengembangan kreativitas anak dari Move Id KerLiP. Hasil.kajian ini akan menjadi bahan pertimbangan bantuan sarana prasarana pengembangan kreativitas anak yang akan disampaikan Asdep Pemenuhan Hak Pendidikan Anak Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Warga Bandung Memang Kreatif

Tim Move Id yang terdiri dari Zamzam, Susan, dan Fitry akan mengkaji praktik-praktik baik pengembangan kreativitas anak dari BCCF, Forum Anak Kota Bandung, Forum Anak Jawa Barat, Guru Pembaharu Ashoka, dan Youngchangemaker Ashoka penerima Anugerah BNPB award termuda, finalis gadis sampul, dan Duta internet Cakap. Seluruh narasumber tersebut tinggal di Bandung.

Bandung Juara memang terkenal dengan kreativitas anak serta kawula mudanya yang tanpa henti berkarya. Peran keluarga dan guru dalam.menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pengembangan sistem berpikir kreatif, peduli dan kritis sangat penting. Dukungan ruang pengembangan kreativitas lengkap dengan alat, bahan, dan sumber belajar yang disediakan pemerintah dan pemerintah daerah pun tak kalah penting. Saat ini berbagai taman tematik sudah dibangun pemerintah kota Bandung dengan dukungan multipihak. Berbagai penghargaan pun diterima oleh Wali Kota Bandung yang terkenal piawai memanfaatkan media sosial.

Perlu Dukungan Multipihak

Terbersit harapan anak-anak dapat memanfaatkan waktu luang di luar sekolah dengan mengembangkan kreativitas, mengasah kepedulian dan membangun kesadaran kritis sebagai warga semesta yang nerkewajiban memakmurkan bumi dan mewujudkan peradaban manusia yang lebih indah, damai, makmur, aman dan sentosa. Berbagai inisiatif yang sudah dilaksanakan pemerintah Kota Bandung masih perlu dijaga dan dipelihara bersama agar bermanfaat dalam jangka panjang. Bantuan hibah yang sedang disiapkan Pemerintah diharapkan dapat menjangkau semua anak Indonesia dengan dukungan pemerintah daerah setempat.

Mari berharap akan tercipta Indonesia Layak Anak bukan hanya dengan tersedianya Sekolah Inklusif, Aman, dan Ramah Anak, namun juga ruang pengembangan kreativitas di luar sekolah.

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s