Keluarga Keren, Keluarga Peduli Pendidikan Anak

Menjaga energi kebaikan dengan bu Nia selalu penuh kegembiraan. Sudah tak jaman lagi #idon’tlikemonday karena setiap Senin pagi selalu hadir kabar GeMBIRA dari bu Nia. Pagi ini terharu biru dengan hadirnya keluarga-keluarga keren yang peduli pendidikan anak. Kita simak yuk OPERA on sms:

Bu Nia: “Assalamu’alaikum bu… Alhamdulillah ortu 7.11 nyungkn ijin ka abdi bd ngadamel pojok baca. Ku abdi dipancing nya. Bu Yanti kerlip masihan ELSI kangge kls 7.11(abdi pan teu bohong nya bu, hehehe). Saur mamah Nadzifa, bade meser kangge di bumi ceunah. Tah, mugi2 wae atuh mamah2 nu sanes oge tertarik nya bu… ”

Saya: “Subhanallah ibu…meni bageur pisan..jazakumullah. mudah2an tiasa dugi 10 jalmi ya Bu. Insya Allah untuk anugerah KILAU Nusantara 1, Duta Anak IDOLA Bersinar 1 plus Guru PANUTAN 1 ya”

Bu Nia: “Alhamdulillah, insyaallah di keg.parenting dugikeun. Insyaallah oge ngawitan salasa kamis minggu ieu, jam 13-13.30, saya menyediakan wkt utk tambahan IPA sbg btk layanan khusus dikls 7.11. Aya 4xpert (2minggu)Ortu menyediakan makan siang utk anak2 (bergilir saling traktir). Siswa jd tutor sebaya (kamis) & guru melakukan remidial teaching fokus pd penguasaan konsep fisika di awal(selasa). Diakhir pert.(Kamis minggu ke-2) seluruh siswa akan dievaluasi dg soal. Bobot soal dibedakan. Utk tutor sebaya (50%sdg ke sulit). Utk yg remidial perbandingannya 40% sdg mudah, 20%sukar. Hsl nya dianalisis utk perbaikan tindakan berikutnya. Mugi2 lancar nya bu…”

Saya: ” Alhamdulillah…partisipasi keluarga yang luar biasa ya Bu”

Bu Nia: “Sumuhun…kedah enggal2 ditangkap respon na bu… ”

Saya: “Mangga bu. Ngke saatos beres ngaibakan srg sarapan mamih, abdi buka fb. Dinten ieu abdi teu mios  kasaklh bu..
Bu, pojok bacanya mau lesehan. Katanya ortu menyediakan karpet&bantal2 kecil…duh, senangnya ({})

Saya: “Aduh asyiknya…sekolah makin.menyenangkan buat anak2 dan keluarga ya Bu”

Bu Nia: “Ada sms lain ti ortu Naila: utk makan siang mangga atur sama bu nia aja yaa sama tanya anak2 dulu deh. 40 orang jadinya yaa?? Sama penjaga sekolah juga klu ngga salah. Punten utk anak2 menunya yg harga minimal Rp30ribuan atau lebih. Utk bu guru spesial yaah jangan disamain anak2 šŸ™‚ ”

Hitung2 syukuran bu nia udah sembuh dari sakit sama anak2 yg pinter, semoga anak2 7-11 kompak, pinter, sukses, sarehat semuanya Aamiin.”

Saya: “Masya Allah…ibu2 keren ya”

Ibu Nia: “Iya bu…hrs dijaga energi nya, jgn sampai terjadi selisih paham… “

Dukungan Akademik dan Peran Orang Tua

Saya teringat kutipan Bu Ary, orangtua siswa di SD Hikmah Teladan dalam kuisioner yang ditulis untuk mengenali persepsi dukungan akademik dan peran orang tua di sekolah. Disertasi yang dipertahankan Muna Erawati saaf ujuan terbuka program doktor UGM yang berjudul Prestasi Akademik Siswa dalam kaitannya dengan Motivasi Akademik, Persepsi Terhadap Dukungan Akademik dan Peran Orangtua memperkuat referensi terkait.

image

Persepsi mengenai ekspektasi akademik, nilai-nilai pendidikan, dan dukungan akademik orangtua berkontribusk langsung terhadap motivasi akademik siswa secara individual. Saya yakin keterlibatan ibu-ibu kelas 7 di SMPN 11 ini memperkuat upaya pemenuhan hak pendidikan anak dari Bu Nia sang guru pembaharu. Niscaya akan melahirkan generasi pembelajar yang unggul. Sepakat dengan pernyataan Dr. Muna bahwa persepsi religiulitas ayah berkontribusi terhadap motivasi akademik siswa maka saya menyambut antusias model parenting yang dikembangkan bu Nia. Disinilah ELSI memegang peranan penting. Terlebih lagi, diakui oleh ibu-ibu keren tersebut bahwa para ayah sangat senang menularkan semangat heroik, cerita politik, dan tentunya semangat kebangsaan.

ELSI mendukung peningkatan peran Ayah

Cara jitu Zakky untuk menjual ELSI dengan metode ilmiah mulai dari pernyataan masalah memukau saya. Ia berangkat dari kegelisahan keluarga kami tentang kondisi bangsa. Perlu sebuah revolusi karakter bangsa.
Menurut Zakky, pengembangan karakter bangsa harus mengetahui karakter apa yang sudah dimiliki bangsa di masa lampau.

image

Itulah latar belakang dibuatnya ELSI. Keren ya…padahal Zakky katanya mendadak menjelaskan saat ditanya Om yang dikenalkan ibunya. Saintis memang harus mulai dari metode ilmiah ELSI dikemas dalam literasi visual agar bisa menggapai setiap level masyarakat. Relevansi isi dengan keabsahan sejarah dijelaskan Zakky dengan menunjukkan kata pengantar Mendikbud. Ia mengatakan bahwa referensi isi harus ditunjukkan lebih dari sekadar kata pengantar. Kisah penulisan buku ini melalui FGD dengan ahli sejarah dan ahli literasi visual lengkap dengan menunjukkan editornya, Pak Moeflich ketua jurusan Sejarah UIN SGD Bandung juga editor ensiklopedia Islam akan sangat membantu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s