Obrolan Damai di Dago CFD

Akhirnya, setelah 2 jam menunggu Zakky bersiap memenuhi janjinya. “Silakan parkir di sudut, Pak, “kata Satpam Bank Muamalat saat mobil kami melewati Posnya. Alhamdulillah, pucuk dicinta ulam tiba. Hari ini, Zakky mulai membuka Cafe Ilmu GeMBIRA dengan melakukan fundraising di Dago CFD. Allisa bergegas mengikuti rombongan funwalk menuju tempat artis favoritnya beraksi. Promo konser 2016 yang digelar KPA ITB menarik perhatian saya. “Lihat, De! Kakak-kakak mahasiswa lagi promosi. Masih terlihat malu-malu meskipun dilakukan berkelompok, “seru saya sambil meminta Allisa memotret beberapa moment berharga.

image

Street Assembly yang Memukau

Entah kenapa hati saya tiba-tiba terharu sampai menitikkan air mata mendengar gesekan biola dari para pemusik jalanan. “Icha mau meneruskan les biola dengan Pak Asep, “tanya saya sambil memintanya memberikan uang untuk kelompok pemusik muda nan memukau. Saya ingin sekali memiliki anak yang bisa memainkan salah satu alat musik. Icha menyimpan uang di kotak biola yang tersedia. Masih dengan malu-malu.

image

Kami berdua menyusuri jalan ke arah BCA. “Artisnya sudah pergi, Bu!” Seru Icha tertahan. Saya lupa kalau artis inilah yang membuat Icha bergegas. Icha menjelaskan, bahwa artis favoritnya itu sudah pergi menuju Palembang untuk promosi film. “Jarak ke Palembang jauh ya, Bu?” Tanya Icha. Wah, serius nih. Putri kecil kami ingin mengejar artis favoritnya.

Pepes nasi bakar ayam kampung menarik perhatian saya. Masih ada 4 bungkus nasi, 4 pepes tahu, dan 2 usus ampela. Alhamdulillah, Icha sedikit teralihkan. Kami pun bergegas kembali ke Bank Muamalat untuk menukmati pepes bersama Zakky.

“Hai Susi, Zakky ada di sana tuh! Ia serius memulai fundraising, “kata saya saat bertemu dengan mahasiswi Fisika teman seangkatan putra kami. “Hai ibu, kenalkan ini Victor dan Mustafa. Kami sedang mewawancarai narasumber untuk menyusun laporan tentang SDGs dari sudut pandang mahasiswa, “Susi mengenalkan kawan-kawannya. Saya mengajak mereka mengobrol di depan payung Binar yang sudah ditata Zakky.

Muda dan Menjanjikan

Victor mewawancarai saya dengan serius. Sesekali ia menyampaikan informasi yang menarik. Matanya terlihat berbinar saat menjelaskan tentang buku 50 tahun kiprah Teknik Fisika. Ia menyimpan versi pdf buku tersebut. Kami berdua terlibat obrolan seru tentang perdamaian di Indonesia. Saya berjanji mengirim nomor kontak yang perlu mereka hubungi untuk melengkapi laporannya.

image

Ketiga mahasiswa ITB ini menarik perhatian saya. Terbersit harapan akan tumbuhnya penjaga perdamaian di ITB. Kalau sudah begini, rasanya waktu 24 jam sehari sangat pendek. Begitu banyak anak-anak muda yang menjanjikan. Hal yang sulit dipercaya namun terjadi di sekelilingku. Kebanyakan dari anak-anak muda ini  mengenal, Indonesia Mengajar, Turun Tangan, Pencerah Nusantara, Forum Indonesia Muda dan berbagai program yang melibatkan anak-anak muda lainnya.

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s