Melatih Kesabaran

Rasa sesak, terhimpit, sampai kesulitan bernafas tak jarang menghampiri kita. Melatih kesabaran di tengah situasi yang penuh tekanan memerlukan healing yang spesial.  Allah sudah menjanjikan kabar gembira bagi orang-orang yang sabar.

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوفْ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الأَمَوَالِ وَالأنفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah [2]: 155).

Kata-kata sabar dalam Al Qur’an sering digandengkan dengan shalat. Allah swt yang Maha Mengetahui hamba-Nya menyediakan sarana untuk menolong kita saat menghadapi masalah berat.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ اسْتَعِينُواْ بِالصَّبْرِ وَالصَّلاَةِ إِنَّ اللّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah [2]: 153).

Rasulullah Muhammad SAW pun selalu bersegera melakukan shalat untuk mendapatkan ketenangan dan splusi cerdas dalam mengatasi masalah yang menimpa umatnya.

Bersabar dalam Berusaha

Mengelola sumber daya yang besar menjadi tantangan tersendiri. Beragam sifat dan kebiasaan mitra kerja dalam merespon situasi adalah peluang sekaligus tantangan bagi seorang pemimpin. Rasanya baru kemarin melihat Zakky kecil lari ketakutan saat tidur malam. Setelah observasi bersama psikolog ternyata ananda terserang panik. Pencetusnya adalah aturan sepihak yang ditetapkan salah seorang guru di sekolah yang kami dirikan. Guru tersebut menetapkan bintang hitam bagi setiap anak yang melanggar aturan kelas. Rupanya putra kami sering membela teman sekelasnya yang dibully oleh teman-temannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s