Pelembagaan Sekretariat Bersama Pemenuhan Hak Pendidikan Anak di Jawa Barat

Alhamdulillah, ternyata Pak Kabid PKLK Disdik Jabar sudah berada di Hotel Aston saat kami keluar dari pintu tol Pasteur. Saya memperkenalkan Bu Sari dan rencana sinergi persiapan Bintek Pendidikan Keluarga yang menjadi tanggung jawab Bu Sari setelah mengikuti TOT yang diselenggarakan Kemdikbud di Senayan, Bogor, Tangerang, dan Senayan. Saat bersamaan Zamzam juga memfasilitasi finalisasi juknis dan modul TOT Sekolah Ramah Anak yang dikoordinasikan oleh Asdep Pemenuhan Hak Pendidikan Anak (PHPA) Deputi TKA KemPP-PA melibatkan 12 K/L terkait dan KerLiP.

image

Terima kasih buat Aas yang telah mengabadikan pertemuan perdana dengan Pak Praptono, Dr. Dadang dan perwakilan SD Suka Asih Jum’at malam.

Pelembagaan Seknas Sekolah Aman yang saya jalankan dengan Zamzam sejak 2011 dengan dukungan multipihak menjadi strategi yang efektif dalam kampanye dan advokasi Penerapan Sekolah Aman. Road map Sekolah Aman merupakan perwujudan dari keberlanjutan pelembagaan ini dikawal penuh oleh BNPB dengan dukungan KPB, Unicef, Plan, Save the Children, WB dan Unesco. Praktik baik ini kami perkuat melalui Gerakan Sekolah Aman, Inklusif, dan Ramah Anak. Bu Elvy, Asdep PHPA menindaklanjuti dengan mengalokasikan anggaran untuk mendukung pembentukan Forum Nasional SRA, Sekber PHPA dan Forum SRA di Kota/Kabupaten dalam upaya mewujudkan Kota/Kabupaten Layak Anak.

PHPA di Jabar

Ikrar Sekolah Aman yang dilaksanakan Pak Asep Hilman dan posisinya sebagai Kadisdik Jabar mulai 2015 menjadi pintu masuk yang strategis dalam mendorong PHPA di Jabar. Pak Asep menyambut gembira rencana pelembagaan Sekber PHPA dan meminta Pak Doktor Dadang, Kabid PKLK untuk memimpin rintisannya. Hubungan khas KerLiP dg BP3AKB dan BPBD Jabar menjadikan inisiasi tersebut segera mendapatkan dukungan moril. Hari ini kami bersiap untuk bertemu secara terpisah.

Pak Budi, Kasi Renkon BPBD Jabar siap menindaklanjuti rencana pengawalan penerapan SMAB dalam rehabilitasi SD Sukaasih yang tertimpa longsor Maret 2015. Dukungan dana rehabilitasi dan hubungan kerjasama KerLiP dengan Bu Rena, Direktur PKLK Dikdasmen menjadi pendorong utama dalam upaya ini. Ijin dari Kadisdik Kota Bandung saya peroleh melalui wa.

Saya: Assalamu’alaikum wr.wb Pak Beni, saya direkomendasikan Pak Kadis untuk menghubungi Pak Beni terkait rencana sinergi penerapan sekolah/madrasah aman dari bencana dlm rehabilitasi SD Suka Asih. Sabtu lalu saya diundang bu Rena sbg narasumber FGD bersama Mas Amin dr Plan dan bertemu bu Aan dan tim. Bu Rena dkk meminta dukungan KerLiP untuk turut mendukung upaya ini. Insya Allah pagi ini pk 8 saya koordinasi dg Pak Budi Kasie Renkon BPBD Jabar cc: Bu Aan

Bu Aan: Waalaikumsalam, wr wb terima kasih bu , atas bantuannya.

Insya Allah seluruhnya demi kepentingan terbaik anak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s