Sekilas YES4SS 2011-2015

Ada yang menggelitik setelah membaca skripsi Dyah Ayu Yunitaningrum, sahabat KerLiP dari STKS. Ada 3 hal penting yang perlu dituliskan disini, antara lain:
1. Kepanjangan YES4SS
2. Pengembangan kapasitas Sahabat KerLiP
3. Target penjangkauan YES4SS

Kalender YES4SS yang didesain Pak Asep dan tim diharapkan dapat membantu menghilangkan kesenjangan informasi mengenai YES4SS atau SESSAMA. Skripsi Azizah yang berjudul, Peran Organisasi Non Pemerintah dalam Mitigasi Bencana: Studi Kasus pada Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan, 2014, menuliskannya dengan rinci lengkap dengan lampuran LIBRA versi 2014.

Pengembangan kapasitas Sahabat KerLiP secara intensif dilaksanakan setiap hari Sabtu terutama untuk 60-an mahasiswa STKS oleh Zamzam dan Bu Nia pada tahun 2013. Pendampingan dan pelatihan juga dilaksanakan kepada 40 mahasiswa magang dari UNISBA. Pendampingan lainnya yang cukup intens dilaksanakan terhadap agen-agen MeSRA yang aktif di Forum Anak Kota Bandung dan Jawa Barat. Nirwan, Faridz, Sendra, Naretta, dan Bilqis berhasil menginisiasi lahirnya SPeAKnACTBdg pada puncak Bulan Aksi MeSRA 20 Mei 2013.

Khusus untuk sahabat KerLiP yang menggiatkan Gerakan Indonesia Pintar, kami melakukan pendampingan penyusunan instrumen yang dibukukan oleh Komunitas Raka Pare. Proses pendampingan dilaksanakan secata intens selama beberapa kali pertemuan. Buku Panduan Indonesia Pintar disebarkan ke berbagai wilayah termasuk untuk menjangkau mahasiwa Riau. Hasil penjangkauan Raka Pare dipresentasikan pafa tanggal 10 Juli 2014.

Sejak awal target penjangkauan YE4SS ditetapkan secara nasional dengan target 10 sekolah di 100 kota/kab. Alhamdulillah selain 8 sekolah yang dicantumkan dalam penelitian Ayu, khusus di Kota Bandung,  kami juga mendampingi SLB YPAC, SMAN 15, SMAN 20, SMPN 7, MAN 2, dan SMPN 2 Kota Bandung, SMAN 11  SMKN 5, SMKN 6, SMAN 2, SMA PGII 1, SMP Istiqomah untuk YES4SS, >72 sekolah penerima alat peraga MIPA melalui DAK, 30 Kepala SD penerima DAK, 10 sekolah peserta Festival Foto Essay, beberapa guru dari SMAN 6, SMKN 15, SMAN 4, dst mengikuti pelatihan fasilitator GERASHIAGA, dst

Upaya advokasi di tingkat nasional berhasil menjangkau puluhan ribu sekolah/madarsag secara tidak langsung maupun langsung. Sedikitnya 6 kali sosialisasi sekolah/madrasah Aman SHIAGA kami laksanakan dalam koordinasi Kasubdit Sarpras Ditma Ditjen Pendis Kemenag, Bu Ida. Sosialisasi dalam bintek penyusunan grand desain dan instrumen monev MA Insan Cendikia dan rehabilitasi 7 ribuan sekolah rusak. Secara paralel melalui Seknas Sekolah Aman kami menjangkau 61 ribu SD penerima DAK Pendidikan. Permendiknas mengenai juknis DAK kami kawal agar mengaruutamakan sekolah aman/tahan dari gempa.160 sekolah penerima DAK di Sumbar, NTB, dan Jabar didampingi fasilitator teknis dan sosial yabg direkrut GFDRR-BEC TF WB  berkoordinasi dengan Kemdikbud, BNPB, Kemdagri, KemPU, BPPT/Kemristek, KPPPA, dan Kemenag.saat bersamaan, Zamzam sebagai Sekjen Seknas Sekolah Aman menjangkau  30 sekolah mitra Plan di Maumere, Rembang dan Grobogan. Kami juga mendampingi Bintek 170 SMLB, SMK/SMA penerima bansos PRB dari DitPembinaan PKLK Ditjen Dikmen, 20 sekolah penyangga Setditjendikmen dan terakhir 50 SLB penerima bansos dari Dit Pembinaan PKLK Ditjen Dikdasmen Kemdikbud.

Monev secara intensif kami laksanakan bekerjasama dengan Arsitektur UPI melalui laporan foto dari 10 ribuan SD penerima DAK Pendidikan. Hasil monev melengkapi Direktori 2014 tentang Penerapan Sekolah/Madrasah Aman dari Bencana yang disiapkan bersama BNPB. Kami juga melaksanan penanganan psikososial bagi penyintas anak SMAN 1 Simpang Empat pasca erupsi Gunung Sinabung. Kegiatan terkini adalah sosialisasi PRB di Pendidikan melalui Stand Kemdikbud dan unjuk komitmen Kadisdik Jabar dalam memfasilitasi 790 sekolah inklusi di 7 Kabupaten/Kota, 1.374 SMK, dan seluruh SLB Negeri serta pelembagaan Sekber PHPA yang akan mulai beraksi besok dalam penerapan SMAB dalam pembangunan SD Sukaasih yang rusak berat akibat longsor. Kami berkoordinasi dg Dit Pembinaan PKLK, BPBD Jabar, Disdik Jabar, Disdik Kota Bandung, dan Puskim. Insya Allah demi kepentingan terbaik anak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s