Kelas Aman dari Kabut Asap

image

Infografis di atas langsung tersebar setelah koordinasi Mendikbud dengan pemerintah daerah yang terdampak kabut asap dilaksanakan kemarin. Saya beruntung menjadi bagian dari solidaritas ITB88. Kami bertukar informasi berharga dengan para pengambil keputusan di Kemdikbud, Kemensos, BNPB, dan Kemenag. Alhamdulillah whatsapp sangat membantu dalam menunjang komunikasi tanpa sekat berdasarkan semangat gotong royong demi kepentingan terbaik anak.

Fasilitas Belajar Aman dari Kabut Asap

Bu Lina BNPB berkali-kali mengingatkan tentang 3 pilar sekolah aman yang menjadi konsensus internasional dalam rapat penyusunan rancangan SNI Sekolah Aman Bencana. Saya sendiri tidak terlalu mempermasalahkan istilah tersebut, meski tetap berupaya menyampaikan bahwa dalam Perka BNPB no 4 tahun 2012 tidak hanya fasilitas tapi juga lokasi, struktur, desain dan tata letak harus aman dari bencana.

Secara khusus saya menyampaikan harapan kepada Bu Renani, Direktur Pembinaan PKLK Dikdasmen, untuk memegang teguh prinsip kemandirian dan kedaulatan bangsa melalui inisiatif sekolah yang lebih aman,inklusif, dan ramah anak. Hari ini ada 2 agenda penting terkait pemetaan pemangku kepentingan dalam penerapan sekolah aman bencana dan juknis penerapan SRA yang terpaksa saya tinggalkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s