Aksi Kadisdik Riau Menjamin Hak Anak atas Pendidikan

“Dukungan dari berbagai pihak mulai berdatangan. Awalnya gerakan siswa Riau Membaca saya biayai dengan menggesek kartu kredit sendiri. Kita mulai saja jangkau anak putus sekolah dan membuka Taman Pendidikan Anak Negeri (TamPAN) sebagai salah satu bentuk Gerakan Indonesia Pintar, “kata Pak Kamsol sambil bersandar ke jendela kamar. Semangat Pak Kamsol, Ketua Gerakan Indonesia Pintar yang juga Kepala Dinas Pendidikan Riau ini memenuhi ruang di lantai 8 yang kami gunakan untuk menyiapkan model-model Pemenuhan Hak Pendidikan Anak. Berbagai praktik baik yang disampaikan Pak Kamsol di restoran sampai saat ini sangat inspiratif.

image

1. Model Sekolah Darurat Bencana Kabut Asap

Bencana kabut asap membuat anak-anak Riau terpaksa dirumahkan. Dinas Pendidikan Riau membuat terobosan sekolah Senin-Kamis. Anak-anak di Pekanbaru mendapatkan modul belajar mandiri. Proses pembelajaran dalam bimbingan orangtua ini dapat dikonsultasikan anak melalui telpon atau media sosial kepada guru. Hasil belajar anak diperiksa dan dikonfirmasikan pada saat tatap muka hari Senin dan Kamis. Anak-anak Riau pun mulai terbiasa belajar mandiri. Sayang sekali hal ini sulit diterapkan di kota/kabupaten lainnya terutama di daerah 3T. Ketidaktersediaan modul yang memadai menjadi salah satu penyebabnya. Pak Kamsol akan menyampaikan kebutuhan modul ini dalam presentasinya besok pagi di Kemdikbud. Upaya-upaya kolaborasi dengan media cetak, media sosial, dan berbagai pihak dilaksanakan Disdik Provinsi Riau dalam pemenuhan hak pendidikan anak selama kabut asap tebal mengganggu kehidupan masyarakat Riau.

2. Taman Pendidikan Anak Negeri (TamPAN) dengan GIP

Ide ini mirip dengan rintisan Kobama-Komunitas Belajar Mandiri yang kami kawal. Mahasiswa-mahasiswa FKIP dilibatkan menjadi sukarewalan yang menjangkau dan mengajar anak-anak putus sekolah. Dompet peduli kita buka di Riau Pos atas nama Geralan Indonesia Pintar. Anak-anak penyandang masalah kesejahteraan sosial sudah mulai dijangkau. Ada 3 kelompok yang sudah dibuka Pak Kamsol di Riau. “Kemarin saya bicara di depan mahasiswa-mahasiswa FKIP Ranca Kuning dan mereka sangat antusias. Dekan FKIP Ranca Kuning siap membantu. Inisiatif ini murni Gerakan Indonesia Pintar di Riau, “jelas Pak Kamsol kepada Alpha, Sekjen GIP di telpon.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s