Pak Asep Hilman: YES for Safer School di Jawa Barat

Saya mendapat kehormatan diminta menggantikan Pak Iwan GFDRR WB menjadi moderator dalam Working Session tentang Sekolah Aman pada Hari Pengurangan Risiko Bencana sedunia di Surakarta yang dilaksanakan oleh Education Cluster dkk. Direktur Pembinaan PKLK Dikdasmen, Ibu Ir. Sri Renani P, MPA menyampaikan beberapa slide terpilih dari paparan yang sudah disiapkan sebelumnya. Pada sesi sebelumnya, Pak Taufik yang mewakili Mendikbud sudah menyampaikan paparan lengkap mengenai komitmen Kemdikbud dalam Penerapan Sekolah/Madrasah Aman dari Bencana. Paparan berikutnya disampaikan oleh Ninil yang mewakili KPB.

“Sayangnya masih banyak anggota KPB yang langsung menjadikan anak-anak sebagai sasaran dalam pendidikan PRB di sekolah. Ada lembaga yang hanya datang untuk roadshow sekali lantas melaporkan sekolah tersebut sudah menerapkan Sekolah Aman dari Bencana, “kutipan paparan dari jagoannya KPB ini masih terngiang di benak saya. Rupanya setelah 2 tahun bergerak memperkuat kampanye dan penerapan Sekolah/Madrasah Aman dari Bencana terintegrasi ke dalam Gerakan Sekolah Ramah Anak, masih banyak hal yang menggelitik untuk dibenahi bersama. Semoga inisiatif YES for Safer School tidak termasuk kriteria gagal move on ya.

Inisiatif di Jawa Barat

Pak Asep Hilman tiba di ballroom tempat kami diskusi sesaat sebelum sessi ketiga dimulai. Syukur alhamdulillah sempat mempertemukan Pak Asep dengan Pak Lilik direktur PRB BNPB dan Teh Lina DRM Unicef. Insya Allah keduanya mendukung rencana YES for Safer School yang dilaksanakan Kadisdik Provinsi Jawa Barat ini dengan dukungan Kabid PKLK, Kabid Dikmen, KaBiro Umum dan Kepegawaian, Kasi sekolah Swasta dan Kerjasama Luar Negeri serta secara terpisah dengan Kasie Rehab Renkon BPBD Jabar, KerLiP, dan Kabid KPA BP3AKB Jabar.

Talkshow Praktik Baik

image

Nurasiah Jamil dan Zamzam berpasangan membuka talkshow 30 menit di Ignite Stage dengan Kadisdik Provinsi Jabar sebagai Narasumber. Nurul Fitry Azizah dari Green SMIle Inc turut melengkapi talkshow ini dengan berbagai praktik baik di Jabar. PRaktik baik di SDN Merdeka yg difasilitasi Nabila, SMPN 11 dengan Bu Nia sebagai guru pendamping Kamil dan Fina, Pak Iriansyah dan Duta Anak di SRA Khazanah SMAN 15 disampaikan Pak Asep dengan lugas. Berbagai pertanyaan terkait PAUD dan guru dalam menggiatkan YES for Safer School ini pun dijawab dengan bijak. Insya Allah ikrar 5 tahun yang lalu akan segera dipenuhi mulai di Hari Sumpah Pemuda.

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s