Stop Trafficking

Tindak pidana perdagangan orang merupakan masalah yang sangat serius dan salah satu bentuk kejahatan luar biasa (extra ordinary crime)  juga transnational crime, oleh karena kejahatan ini sudah bersifat meluas dan sistemik dan  sering dilakukan dengan cara-cara terorganisir melampau batas-batas wilayah sebuah Negara. Modus serta kualifikasi  kejahatan trafiking terus berkembang seiring dengan perkembangan tekhnologi informasi dan kemudahan pergerakan manusia di berbagai tempat.

image

Data IOM mencatat hingga tahun 2014, terdapat  5714 kasus korban trafficking dan perempuan korban trafficking yang dieksploitasi seksual berjumlah 709 orang. Di Asia Pasifik sekitar 11,7 juta orang menjadi korban perdagangan manusia dan Indonesia menjadi salah satu Negara dengan korban tertinggi. Sementara buruh migran Indonesia yang bermasalah saat ini ada sekitar 2,4 juta orang di Malaysia saja. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mencatat kasus perdagangan anak juga meningkat dari 480 kasus di tahun 2011 menjadi 673 kasus di tahun 2012.

Kementerian Sosial RI sendiri menangani sekitar 2.000 kasus trafficking di Malaysia tahun 2014. Ini belum termasuk korban di Yordania, Turki dan Suriah.  Semenjak Rumah Perlindungan Sosial Wanita dibentuk tahun 2006 oleh Kemensos RI, 300 kasus telah ditangani dalam kurun waktu 2007-2014. Sementara itu,  penanganan korban bekerjasama dengan IOM sebanyak 77 korban trafficking. Sebanyak 17 orang korban trafficking asal Myanmar dan Thailand yang bekerja di Kabupaten Aru, Provinsi Maluku ditangani oleh Kemensos juga.

Tahin ini 600 eks korban trafficking di NTB, Lampung, NTT, dan Jawa Timur mendapatkan bimbingan sosial, keterampilan dan modal UEP dari Direktorat Rehabilitasi Tuna Susila Ditjen Rehsos Kemensos bekerjasama dengan LKS lokal dan Tim Pokja PPO-KTPA.

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s