I don’t like Monday

Alunan suara merdu peserta didik pembawa acara menghangatkan pagi nan sejuk di sebuah sekolah di Kota Bandung. Anak-anak berbaris rapi saat pemimpin upacara dipersilakan memasuki lapangan upacara. Komandan pasukan berselempang menyusul masuk diikuti Pembina upacara.

image

Keranjingan Belajar

“Tidak perlu tertawa jika ada yang keliru dalam penyelenggaraan upacara. Tidak berbicara ketika petugas upacara sedang menyampaikan sesuatu. Anak yang menggunakan topi terbalik. Ya, yang di sebelah sana seharusnya tahu aturan di sekolah juga di rumah. Jangan sampai memasuki komunitas-komunitas yang disebut genk. Kalau kamu sampai tidak  naik kelas, teman se-genk takkan busa membantu. Seharusnya buang sampah plastik ke tempat yang sudah disediakan. Jangan sungkan memungut sampah di tempat yang kita lewati, “kata-kata jangan dan seharusnya meluncur deras dari pembina upacara. Pantas saja ada istilah, I don’t like monday. Bayangkan setelah libur akhir pekan dijejali larangan dan instruksi sebelum melahap pembelajaran yang tak jarang terasa membosankan.

Seandainya guru-guru kita selalu ingat masa-masa penuh kegembiraan tentu punya banyak cara jitu bangkitkan keranjingan belajar anak-anak bahkan saat upacara. Kesempatan emas sebagai pembina upacara untuk memberikan apresiasi dengan menunjukkan praktik-praktik yang dilakukan anak-anak dalam bimbingan guru-guru selama pekan lalu. Saya yakin pasti ada setidaknya 1 momen Aha saat guru menemukan dan mengenali hal baik yang muncul dari 1 peserta didik saat tatap muka sebelum Senin.

SPeAKnACT

Saya yakin dengan rintisan #GSBMeSRA SMPN 11 kali ini dalam dampingan langsung Bu Nia Kurniati. Insya Allah akan ada 34 anak yang siap bersuara dan beraksi melakukan langkah-langlah kecil untuk memastikan ia dan teman-teman sebayanya menikmati indahnya taman belajar di sekolah.
image

Cerita bu Nia dalam CACT 1 dan 2 sangat inspiratif. Inovasi sederhana yang didifusikan dengan budaya belajar bu Nia membuat hati saya terpukau. Saulya membayangkan akan tumbuh model-model SPeAKnACT yang dilakukan setiap anggota pengurus OSIS bersama teman sebaya di ekskul masing-masing dalam kegiatan #YESforSaferSchool ke-2 2015-2016. Insya Allah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s