Persiapan YES for Safer School 2 di SMPN 11 Bandung

Informasi dari bu Elvy, Asdep.PHPA Kementerian PPPA yang akan memberikan bantuan MeSRA kepada SMPN 11 senilai Rp 25 juta menjadi pembuka komunikasi intensif dengan bu Nia. Hari Senin, 12 Oktober saya mengajak Pak Asep untuk menemui bu Nia di sekolah setelah janjian melalui sms. Bu Nia menyambut kedatangan kami dengan mengajak Pak Miftah kemudian Pak Abang dan Pak Kurnia.
image

Konsultasi Anak

Pak Abang pembimbing OSIS menyambut baik rencana persiapan YES for Safer School di SMPN 11. Bu Nia langsung menindaklanjuti dengan memfasilitasi 34 anak pengurus OSIS membuat peta evakuasi. Penting untuk memastikan bahwa kegiatan anak-anak GeMBIRA merencanakan dan memetakan jalur evakuasi dan titik kumpul aman dipresentasikan dna didengarkan dengan sungguh-sungguh oleh Kepala Sekolah, Guru dan Komite Sekolah.
“Bu sementara anggotanya lebih dari 30 org. Tahap awal mrk dibagi 4 tim, 2 tim membuat peta sekolah lantai atas & bawah, 2 tim membuat jalur evakuasi utk lantai ats&bawah. Respon nya lumayan baik bu.. “,pesan singkat dari bu Nia masuk pada pukul 14. “Cara komunikasinya unik bu…keren pisan, ibu harus tahu, “imbuh bu Nia. Alhamdulillah. “Muhun bu. Keg.pertama disepakati selesai sampai jam 3. Hasilnya: peta&penentuan jalur evakuasi. Aya testimoni berupa kesan pertama melakukan keg utk GSB Mesra. Tiap kelompok akan mempresentasikan hasilnya bsk beserta dokumentasi tiap tim saat observasi, “ujar bu Nia lagi.
Masya Allah…cepat sekali ya anak-anak dalam dampingan guru para pembaharu muda. 1 jam belajar bersama yang efektif. Akhirnya kuputuskan untuk memenuhi usul dari Pak Kurnia, menyampaikan kondisi terkini terkait asap dan hal-hal yang mengancam jiwa anak-anak kita dan pentingnya simulasi evakuasi secara rutin.

“Salah satu testimoni siswa, atas nama Dena-ketua tim BSJ next generation:”selama 1jam observasi, saya baru tahu kalau jalur evakuasi di sklh itu penting. Kami dapat mengira2 mana jalur aman, dimana kita perlu berhati2&mana jalur berbahaya. Saya senang krn dpt menambah wawasan :D, “sms terakhir dari bu Nia membuat sore di kota Bandung yang sednag mendung jadi terasa cerah.

Komitmen dan Konsisten

image

Bu Nia mengirim pesan pendek yang membuatku melirik jam di HP berulang kali. Bandung di pagi hari Selasa terasa melambat. Perkiraan waktu 30 menit meleset 5 menit. Benar saja, bu Nia yang berkomitmen tinggi membangkitkan kembali praktik-praktik baik di SMPN 11 dengan dukungan Pak Miftah dan Pak Kurnia terlihat gelisah menunggu kehadiran saya. Mudah-mudahan saya tidak lupa menyampaikan permohonan maaf dan terima kasih atas perkenan dan kerjasama guru-guru yang hadir di hadapan saya. Bahan presentasi yang sudah disiapkan tadi pagi batal ditayangkan karena beberapa guru yang masih menunggu sudah terlihat bergegas. Kepala sekolah tidak terlihat. Pak Kurnia berkali-kali menjelaskan bahwa ia sudah menyampaikan kepada Kepala Sekolah.

Beberapa catatan yang disiapkan bu Nia dan catatan selama proses kegiatan serta hasil belajar bersama 34 pengurus OSIS sangat membanggakan. Saya bacakan salah satu testimoni sebelum menutup presentasi singkat tersebut. Bu Nia dengan penuh dedikasi akhirnya mendorong Pak Kurnia untuk mempertemukan saya dengan Kepala Sekolah.

image

Alhamdulillah disepakati rencana evakuasi terbatas tanggal 15 Oktober untuk melengkapi paparan Kadisdik Provinsi Jabar di Hari PRB dmyang akan dibuka Presiden Jokowi. Lepala SMPN 11, Pak Raya juga menyambut rencana evakuasi awal November 2015. Pak Miftah akhirnya mendampingi Fina yang menggantikan Kamil hadir dalam pertemuan persiapan pembentukan Forum.SRA Kota Bandung dengan Kadisdik kota Bandung di SMKN 3 pukul 13.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s