Terjebak dalam Jalinan Kata

Koordinasi adalah kata sakti yang berulang muncul dan menjadi masalah besar dalam upaya pemenuhan hak pendidikan anak. “Passing grade yang ditetapkan dalam penerimaan peserta didik membuat anak-anak dari kelompok paling miskin terpaksa belajar di sekolah yang diselenggarakan masyarakat”,bu Akifah menuturkan masalah pendidikan yangengemuka dalam penanganan migran bermasalah yang menjadi tanggung jawabnya. Saya jadi teringat ironi di rumah. Asisten rumah tangga yang bekerja di rumah kami setiap hari selain Minggu pada jam 8-13 terpaksa menyekolahkan putri bungsunya yang sudah yatim di SMP Al Falah. Sementara itu, putri kami menikmati belajar bersama teman sebaya di SMPN 35 tanpa pungufan biaya apapun selain seragam pada awal masuk.

image

Penanganan Migran Bermasalah di era Otonomi Daerah?

Ada kegamangan dalam masa transisi otonomi daerah sejak digulirkan pasca reformasi. Penggunaan Dana Alokasi Khusus pendidikan yang dipandang tidak efektif terutama di daerah dengan pendapatan asli daerahnya rendah mendorong Kemdikbud untuk memberikan bantuan langsung dalam bentuk sarana.  Rumah Perlindungan Trauma Center yang dibangun di era otonomi daerah terbengkalai karena ketidakmampuan pemerintah kota/kabupaten untuk menyediakan anggaran operasional. Otonomi daerah masih dirasa menghambat upaya bangsa ini untuk mempercepat jalan baru perubahan.
“Kami memdapatkan kepercayaan untuk mendirikan sekolah keputrian berasrama di Tambun”,saya mulai menjelaskan kegiatan KerLiP dan mitra Gerakan indonesia Pintar. Alhamdulillah rupanya di Kemsos tersesia alokasi anggaran yang memadai untuk mendirikan RPTC di kab/kota asal dan psrbatasan saerH tertinggal

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s