Peluang Usaha

Expotravel di PVJ dipenuhi tawaran liburan keliling dunia. Perlu antri 90 menit untuk bisa parkir. Tak ada tanda-tanda krisis di kalangan menengah atas kota Bandung. Antrian pembeli terlihat memenuhi hampir semua “warung” yang diisi berbagai merchant bermerk. Masih ada harapan. Masih tersedia berbagai peluang usaha bagi mereka yang jeli memanfaatkan kecenderungan masyarakat perkotaan. This is it! Sekarang saatnya.

Keranjingan akan Mutu

Peluncuran masterpiece Binar yang diiringi dengan berbagai tantangan tidak menyurutkan semangat kami untuk menangkap peluang usaha sumber belajar di keluarga. Saat ini tengah tumbuh masyarakat yang mulai keranjingan akan mutu. Mereka sama hausnya dengan kami untuk mendapatkan local content yang bermutu. Binar Pustaka terlahir dari hasrat untuk menambah keranjingan akan mutu bagi penguatan karakter bangsa di keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Kuliner Sehat dan Bersih
Tekad alumni FaITB88 untuk merintis usaha bersama gayung bersambut dengan peluang kantin yang diinfokan Heni, sahabat kami yang menjadi dosen Farmasi. Tadinya Eva, Wendi, Saya, Heni, dan Dahrina berencana mengintegrasikan edutainment di cafe yang didirikan Wendi di Tubagus Ismail. Alhamdulillah kegigihan Heni, Rina, Eva didukung Wendi, dan Evi menghasilkan konsep kantin Falapan yang diajukan ke ITB. Syarat dukungan dari ITB88,  legalitas dari CV nya Wendi, serta menu yang dibuat kakaknya Wendi memperkaya bahan presentasi yang disiapkan Eva. SOP yang diminta pun terbantu dengan bahan-bahan rujukan dari Evi. Insya Allah minggu depan sudah ada pesanan 400 porsi dari Farmasi sebagai pembuka.

Gotong Royong

image

Fitry sedang menyiapkan model kalender, USB, tas Aman SHIAGA, dan tas khusus untuk stand pameran Kemdikbud yang diserahkan kepada KerLiP. Peluang usaha yang tumbuh dari semangat gotong royong ini kami jadikan rintisan Koperasi Syariah Sahabat KerLiP. Insya Allah minggu depan akan kami dirikan bersama mitra kerja di Binar Pustaka.

Selain merchandise, kami juga berencana membuka jasa konsultan kajian kebijakan publik yang dirintis Zamzam diperkuat Dr. Susan dan Nailul. Beberapa peluang kerjasama sebagai narasumber dan tim kajian di Kementerian/Lembaga, Disdikprovinsi, dan BPBD sudah mulai kami jangkau untuk memanfaatkan kepercayaan terhadap KerLiP yang sudah dipupuk sejak 2005.

Insya Allah semua peluang usaha ini kami tekuni bersama untuk memperkuat rencana menjadikan KerLiP sebagai sosial enterprise yang tumbuh bersama keluarga-keluarga peduli pendidikan di Indonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s