Konferensi Nasional Sekolah Aman

image

Allisa (13) peserta didik SMPN 35 kelas 8 hadir mewakili Perkumpulan KerLiP dalam Konferensi Nasional Sekolah Aman yang dilaksanakan di Gedung A lantai 3 Kemdikbud tanggal 29-30 September 2015. Icha terlihat sangat pendiam dan terus mengekor ibunya yang berrugas memfasilitasi Konferensi bersama Arif dari MDMC. “Satu kali lagi nama ibu disebut mestinya dapet gelas cantik!”ujar Zamzam yang duduku di samping ibu Dewi dari Asde Pemenuhan Hak Pendidikan Anak Deputi Tumbuh Kembang Anak KemPPA. “Puluhan anak yang hadir dalam Konferensi Nasional ini adalah sebagian kecil dari 61 juta anak sekolah. Sekolah Aman diharapkan dapat terintegrasi dengan Gerakan Sekolah Ramah Anak yang sedang dikawal bu Yanti,” kata bu Suharti, Kepala Biro PKLN yang menggantikan Pak Ananto, dalam sambutan pembukaannya.

Sekolah/Madrasah Aman dari Bencana

image

Direktur Pengurangan Risiko Bemcana BNPB, Lilik Kurniawan, menutup paparannya dengan menunjukkan foto saat menjadi narasumber di Global Platfor for Disaster Risk Reductio  di Genewa Mei 2013. Kampanye dan penerapan Sekolah/Madrasah Aman dari Bencana menjadi isu “seksi” dalam upaya PRB di Indonesia sejalan dengan Hyogo Framework of Action 2015 apalagi menjadi prioritas dalam.Sendai Framework serta SDGs 2030.

Indonesia merupakan country leader yang berkomitmen untuk memastikan semua sekolah yang baru dibangun menerapkan Sekolah Aman Komprehensif dan semua sekolah terutama di daerah rawan bencana diperkuat pada tahin 2030. Saat ini.BNPB bekerjasama dengan Kemdikbud dan Konsorsium Pendidikan Bencana sedang menyusun SNI Sekolah/Madrasah Aman dari Bencana. Indikator yang mudah dipahami dan jelas dalam 3 pilar Sekolah Aman Komprehensif akan dijalin dengan Kerangka Kerja Sekolah/Madrasah Aman dari Bencana yang diatur dalam Peraturan Kepala.BNPB no 4 tahun 2012. Pilar ketiga tentang pendidikan PRB sudah disusun dalam bentuk SE Mendiknas tentang.Strategi Nasional PRB di sekolah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s