Learning by Doing

“Belum ada kisah keluarga kompak menulis masterpiece, “kata Pak Itok sambil menatap Fitry yang tengah asyik bekerja persis di depannya. Alhamdulillah setelah berbulan-bulan menyusun dan menyunting, Ensiklopedia Lintas Sejarah Indonesia dalam Literasi Visual #ELSI diluncurkan pada event Indonesia International Book Fair 2015 di Ruang Cendrawasih Jakarta Convention Center Senayan. Meskipun tamu undangan khusus untuk Mendikbud, Mensos, dan Perkumpulan Praxis tidak hadir, namun tidak mengurangi kegembiraan kami. Apalagi talkshow yang diisi olej Pak Harry Hikmat Staf Ahli yang diminta mewakili Mensos, Khofifah Indar Parawansa, Alpha Amirrachman, Sekjen GIP dan Itok Isdianto mengalir dalam penataan host yang luar biasa, Arie Rukmantara dan Nurasiah Jamil.

image

Dukungan Sahabat

Kehadiran Ammarsyah, aktivis peristiwa 5 Agustus 1989, ketua IA ITB Jakarta, serta alumni ITB dari berbagai angkatan memberi arti tersendiri. Para peserta ADEM Papua yang belajar di SMAK Paulus memukau para tamu undangan dengan tari Ulukutek Leunca pada pembukaan acara yang dilaksanakan tanggal 2 September 2015. Mereka hadir atas dukungan Subdit.PKLK Ditjen Dikdasmen Kemdikbud dan Kepala SMAK Rehoboth Bandung.

image

Hadir juga mitra kami dari pemerintahan, yaitu Direktur PRB BNPB, Asdep Pemenuhan Hak Pendidikan Anak Deputi Tumbuh Kembang Anak KPPPA, Kasubdit Program dan Evaluasi Dit PKLK Ditjen Dikdasmen, dst.
Dukungan dari Kepala SMAN 15  Bandung, mitra percontohan Sekolah Ramah Anak Jabar dalam bentuk tayangan Sekolah Ramah Anak diiringi alunan musik perkusi dari 3 peserta didik dan testimoni aksi-aksi MeSRA dari Pak Iriansyah dan duta anak laki-laki dan perempuan menjadi penanda masuknya praktik baik kedalam ELSI yang diterbitkan Binar Pustaka.

Reading aloud Pradani(8) yang memilih  artikel PMI dalam buku jilid #ELSI memukau tamu undangan. Dialek asing putri sahabat kami dari ITB88, Isti, ternyata tidak membuat Pradani kesulitan membaca artikel dalam bahasa ibunya tercinta. Lebih memukau lagi ketika ia menjawab pertanyaan Yuvita, dosen Untirta yang menjadi announcer acara yang dipimpin suaminya, Zamzam Muzaki.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s