Binar: Merajut Sumber Keunggulan Karakter Bangsa

Peluncuran Ensiklopedia Lintas Sejarah Indonesia dalam Literasi Visual karya Binar Pustaka dan Talkshow pada tanggal 2 September 2015 menandai munculnya gerakan literasi sejarah dalam upaya penguatan karakter bangsa.

image

Staf Ahli Menteri Sosial RI (SAM) Harry Hikmat menyatakan dalam Talkshow yang digelar pada event Indonesia International Book Fair 2015 tersebut bahwa nilai kejujuran, integritas dan kesetiakawanan sosial masih belum terbentuk. “Kita berharap nilai-nilai ini dapat terbangun melalui pembelajaran sejarah perjuangan bangsa dalam literasi visual ini,” ujarnya seraya memuji literasi visual ensiklopedia tersebut yang menurutnya tampak hidup dan menarik. Arie Rukmantara dan Nurasiah Jamil sebagai host talkshow, sigap menangkap isu pentingnya penguatan karakter yang direspon oleh Sekretaris Jenderal Gerakan Indonesia Pintar (GIP) Alpha Amirrachman, Ph.D.
“Kemerdekaan kita bukan hasil pemberian. Perjuangan para pahlawan kemerdekaan menumbuhkan rasa patriotisme yang lebih kental. Tantangannya sekarang adalah bagaimana menjadikannya nilai-nilai yang memiliki karakter yang positif dalam membangun bangsa,” ujar Alpha.

Sementara itu, Itok Isdianto, ahli literasi visual Binar menegaskan bahwa upaya menghadirkan sejarah dalam literasi visual ini diharapkan mendorong bangsa kita kembali pada buku. Perlu upaya sungguh-sungguh anak-anak bangsa gemar membaca di tengah pesatnya pertumbuhan penggunaan  gadget .

image

CEO Penerbit Binar Yanti Sriyulianti mengatakan bahwa timnya membutuhkan belasan tahun untuk menghayati perjuangan para pahlawan dan menuangkannya dalam literasi visual dengan infografis yang menggugah kesadaran kritis.pembaca ELSI.

Sekjen GIP Alpha menambahkan bahwa perlu ada dua pendekatan untuk membangun karakter peserta didik melalui pembelajaran sejarah pembentukan bangsa.
“Yang pertama jalur formal yaitu di sekolah-sekolah dan yang kedua jalur informal yaitu menggerakkan komunitas-komunitas literasi sejarah perjuangan bangsa sekaligus menggali nilai-nilai kepahlawanan, keperintisan, dan kesetiakawanan sosial dari lingkungan sekitar.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s