Mencintai Indonesia Apa Adanya

image

Fakta Indonesia yang disajikan dalam Ensiklopedia Lintas Sejarah Indonesia dalam Literasi Visual buku #7 ini terasa ironis dengan berita di layar TV saat ini. Prabowo menyatakan keprihatinannya  dalam peringatan HUT RI ke-70 di Hambalang yang dilaksanakan Gerindra bersama para petinggi KMP. Ia mengatakan bahwa seolah-olah kita mengemis kepada bangsa lain, kedaulatan bangsa kita dilecehkan negara lain. Negara kita kaya, tapi elite bangsa Indonesia membiarkan kekayaan kita jatuh kepada bangsa lain.

Keprihatinan yang sama juga mengemuka dalam doa KH Khoirul Muna yang dilantunkan seusai Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi dalam Sidang Paripurna MPR RI pada hari Jum’at, 14 Agustus 2015. Beragam ujian berat: bencana alam, kekeringan, harga kebutuhan pokok melangit, ekonomi belum pulih dan penegakkan hukum yang mencederai rasa keadilan rakyat. Segelintir penguasa acuh tak acuh tak peduli kesengsaraan rakyat, sehingga rakyat semakin berang, jengkel dan galau, karena mereka tidak memberikan suri tauladan.

Apa yang bisa kita lakukan?

Pertama kita panjatkan doa agar Allah membebaskan bangsa ini dari berita bohong, janji-janji palsu, dan harapan-harapan kosong, karena sesungguhnya tidaklah elok mereka menipu rakyat yang menderita, sengsara dan hampir putus asa.

Kita juga mengamini doa KH Khoirul Muna ini dan memohon kepada Allah swt untuk membukakan pintu hati pemimpin bangsa Indonesia agar mereka selalu amanah dan bertanggungjawab atas segala tugas yang diembannya.

Selalu membukakan hati nurani pemimpin kami agar dalam setiap hembusan nafas mereka hanya memikirkan dan memperjuangkan nasib rakyat yang sangat letih menghadapi kesulitan hidup.

Berikutnya tak kalah penting adalah turun tangan berhotong royong memastikan negara ini hadir dalam pemenuhan hak hidup bermartabat semua warga negara termasuk pemenuhan hak dan perlindungan anak.

Menghadirkan suara anak dalam bentuk puisi tentang NKRI impian mereka menjadi penanda baru dalam peringatan HUT RI. Langkah awal ini harus diikuti dengam komitmen penuh Pemerintah untuk mendengarkan dan menanggapi suara semua anak Indonesia, para pemilik NKRI kini dan di masa depan nanti dengan sungguh-sungguh. Doa, impian, gagasan dan harapan yang muncul dari beningnya nurani anak Insya Allah mampu membina keberagaman dalam NKRI tercinta.

Mencintai Indonesia apa adanya dan bergotong royong mewujudkan impian anak bangsa adalah langkah bijak di tengah kesulitan yang melanda negeri ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s