Peduli Pendidikan bagi Anak Papua

image

Penyambutan 92 peserta didik ADEM angkatan ketiga di Jawa Barat setelah di Yogyakarta minggu lalu menumbuhkan harapan bahwa ada alternatif untuk memastikan megara bemar-benar hadir dalam memberikan pelayanan pendidikan bagi mereka yang memerlukan pendidikan layanan khusus.

Staf Khusus Mendikbud, M. Chozin menyampaikan sambutan singkat dalam acara yang diselenggarakan di Hotel Travelo, Setiabudi, Kota Bandung,”Adik-adik mempunyai mimpi setinggi-tingginya dan bekerja keras meraih mimpi tersebut. Otoritas penting untuk memberikan dampak yang lebih luas untuk menunjukkan kepedulian pendidikan seluruh anak bangsa.”

Sambutan dan pengarahan yang disampaikan Pak Teguh dari Kemdagri dan Kadisdik Jabar sebelumnya makin bermakna dengam pengarahan panjang dari Lenis Kogoya.

image

Staf Khusus Presiden Urusan Papua ini menyampaikan sambutan yang cukup panjang, “Ada jalur pada setiap perjalanan, UU No 20/2003, Pendidikan Layanan Khusus memberikan landasan bagi masyarakat adat termasuk belajar bahasa Papua dan Sunda dalam konteks berbangsa dan bernegara. Bhinneka Tunggal Ika menjadi semboyan bangsa kita. Ibarat sapu lidi, terikat kuat bisa membersihkan. Pembangunan Indonesia dilaksanakan bersama. Kuncinya belajar untuk bisa seperti kakak. Ada kalimat terbelakang, konsep dalam firman kasihilah sesama manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada perbedaan perlakuan dalam bernegara dan berbangsa. Pemerintah mendorong pemerintah provinsi penerima menjadikan anak-anak Papua menjadi anak bangsa untuk membangin negara. Disamping itu harus mempelajari budaya dan bahasa daerah dimana kita tinggal. ”

Peserta kegiatan yang didominasi 92 peserta didik, perwakilan suku Asmat, Kepala Sekolah penerima ADEM yang dipimpin Pak Zul dari SMAK Rehoboth, beberapa staf Disdikprov Jabar dat memberikan applause berkali-kali. Acara dibuka oleh Lenis diiringi pemberian 1 set buku ADEM 2014 saat saya undur diri ke Jakarta.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s