Menggendong Anak-Anak ADEM

“Guru-guru diharapkan dapat menerima kondisi anak-anak, jika mabuk sampaikan ke Gubernur dan kasih dia pulang, kepala sekolah lapor segera, menyesuaikan diri, tak usah takut, tunjukkan dengan kemampuan bahwa kamu hebat, harus percaya diri, orangtuamu ada di sini di Jawa Barat. Terima kasih sudah menerima anak-anak ini, membina, membentuk karakter mereka melalui guru-guru agar wawasan nasionalisme dan kebangsaan mereka lebih hebat,”kata  Pak Doren. Asda I Papua ini memberikan sambutan dalam penyambutan 92 anak ADEM angkatan ketiga di Hotel Travelo, Setiabudi, Bandung.

image

Sambutan dan pengarahan yang sarat makna bagi para duta putra/putri terbaik Papua yang membanggakan. Ada 500 anak yang lolos seleksi ADEM, kebijakan khusus untuk menghadirkan megara pada setiap tataran khususnya dalam hal pelayanan pendidikan kepada warga negara RI yang berasal dari Papua.

Pak Teguh dari Kemdagri menyampaikan apresiasinya kepada program ADEM yang diikuti 1.323 anak Papua sejak 2013. Mereka tersebar di 6 Provinsi. Mendagri memberikan dukungan penuh, ADEM dan ADIK, karena ini kebijakan  Kemdikbud yang riil afirmasi keberpihakan kepada anak-anak Papua. Sudah ada penandatanganan MOU anyara Mendagri, Mendikbud dan Menristekdikti untuk menjaga kesinambungan sampai pendidikan tinggi. 

Perlu komitmen dan perjuangan agar kelanjutan ADEM ke ADIK berjalan dengan baik. Prapembelajaran hari ini dilanjutkan pemantapan dalam proses pembelajaran. Masukan dan pembekalan akan dilaksanakan secara terprogram. Kemudian dilanjutkan ke pasca pembelajaran terutama bagi anak-anak yang bertekad melanjutkan. Bagi lulusan PT perlu dibicarakan dengan Kempan, BUMN, dst. Kesempatan emas bagi peserta didik Papua. Beberapa orang peserta Adik menempuh kedokteran di UNPAD dengan IPK 3,5 dari Timika, anak Jayapura 3,0, Fakfak IPK 3,38. Bukan hal yang mudah.

Prapembelajaran ADIK akan dilaksanakan pada akhir Agustus. Ini program luar biasa yang harus didorong bersama.

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s