Lintas Sejarah dalam Literasi Visual

Menghadirkan sejarah dengan memilih lintas peristiwa tokoh pergerakan kebangsaan pada awal abad ke-2 ternyata mengasyikkan. Berbagai kontroversi yang disajikan dalam fun fact melengkapi overview yang menggugah rasa ingin tahu para pembelajar.

Bagi anak belajar sesungguhnya mengekalkan rasa ingin tahu dengan cara asyik untuk menggali lebih jauh dari berbagai sudut pandang dalam setiap lintas peristiwa. Saya yakin teman-teman masih ingat dengan kisah para penyandang tuna netra saat mendeskripsikan gajah melalui sentuhan tangan. Pemegang kuping gajah yang lebar akan mendeskripsikannya pipuh lebar dan bergerak-gerak. Hal yang berbeda dengan penyandang tuna netra yang memegang ekornya yang panjang atau 4 kaki yang kokoh atau belalai yang bulat panjang atau badan yang besar.

Ensiklopedia Lintas Sejarah Indonesia dalam Literasi Visual yang disusun berdasarkan tujuh periode Presiden mulai dari kebangkitan kesadaran bangsa pada awal abad XX diterbitkan Binar sebagai sumber belajar keluarga-keluarga peduli pendidikan. Saya beruntung mendapatkan kesempatan berbagi dalam talkshow yang diselenggarakan AMInd di Jakbook&Edufair Festival.

image

Revolusi Karakter Bangsa

Penduduk Indonesia pada 1940-an sudah mencapai 70 juta dan 2,186  juta mengenyam pendidikan. Hanya 3.242 orang yang melanjutkan ke perguruan tinggi dan sebanyak 230 pribumi berhasil menamatkan pendidikannya. Kaum yang tercerahkan ini, meskipun sedikit, ternyata menjadi penggerak kebangsaan dan berjuang melakukan revolusi karakter bangsa di masa kolonialisme tersebut. Mereka  berjuang mengibarkan semangat kemerdekaan melalui jalan perundingan sebagai bangsa bermartabat.

Diaspora Indonesia di Belanda tercatat sebanyak 344 pribumi dan 360 keturunan Tiongkok pada masa kolonial. Beberapa di antara mereka bergegas menjadi pelopor persatuan Indonesia. Moh. Hatta yang terkenal cerdas  bersama 30 anggota Perhimpunan Indonesia menjadi penggerak kemerdekaan sekembalinya ke tanah air.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s