Asyiknya Diskusi Literasi Sejarah

Agus dari Tangerang Education Center membuka sesi diskusi dengan membacakan puisi yang katanya ditemukan di saku salah seorang kawan Daan Mogot. Nama Daan Mogot diabadikan sebagai nama jalan di Jakarta Barat. Menurut Agus, hampir tak ada yang tahu tentang peristiwa Lengkong yang menewaskan Daan Mogot, pahlawan nasional dari Tangerang.

image

Menghadirkan Sejarah Lokal

Bang Fay menjawab pertanyaan Agus mulai dengan menyebutkan pemimpin laskar rakyat Jakarta yang memungkinkan peristiwa Ikada yang hampir terlupakan. Warga Jakarta hampir tak ada yang mengenal nama Mufreni, sang pemimpin. Lain di Jakarta lain pula di Amsterdam. Setiap jalan yang dinamai tokoh pahlawan  dengan kisah sang tokoh terpampang di tempat umum. Bayangkan jika semua nama jalan, gedung, lapangan, taman dan fasilitas publik yang sudah dinamai para tokoh pergerakan bangsa dilengkapi narasi heroik tentang tokoh tersebut. Di tengah kemiskinan keteladanan hari ini, kita dapat membangun kesadaran warga ibu kota tentang sejarah tokoh pahlawan nasional yang membuat mereka merdeka menikmati hidup hari ini.

Menarik.menyimak respon Prof Soedijarto ketika ia berkali-kali menunjukkan bahwa kearifan lokal yang didengung-dengungkan itu tertutup oleh kenyataan perang saudara, pertumpahan darah dan perebutan kekuasaan. Baru setelah tokoh-tokoh pergerakan muncul dari kaum terpelajar, perjuangan kemerdekaan sebagai negara bangsa dimulai. Para pendiri negeri ini masih sangat santun tanpa menyebutkan kelemahan tersebut lantas menyatakan salah satu tujuan berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Menurut guru besar UNJ dan pakar kurikulum ini, konstitusi kita menegaskan bahwa untuk membangun kebudayaan hanya lewat satu sistem pendidikan nasional, yakni persekolahan.

Bagaimana menurut para sahabat?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s