Diskusi Nawa Cita ke-8 Revolusi Karakter Bangsa Melalui Literasi Sejarah Lahirkan Generasi Pembelajar

image

Prof. dr. H. Fasli Jalal, Ph.D, ketua Dewan Pembina Gerakan Indonesia Pintar tetap menyempatkan hadir mem erikan arahan Diskusi Panel Perdana mi meski terjadwal pimpun sidang doktoral mahasiswanya di UI. Ia menyatakan kegemarannya membaca komik Kho Ping Ho sejak 54 tahun yang lalu. Bacaan kesukaanku di waktu remaja yang sarat nilai dan filosofis dikemas menarik dalam cerita silat yang seru. Tak ada saru pun delegasi anak yang hadir hari ini mengacungkan tangan saat Pak Fasli menanyakan siapa sajakah yang hoby membaca Kho Ping Ho. Beda zaman ya.

Saksi  Pelaku Sejarah

Dalam sambutan dan arahannya Pak Fasli mengenalkan Prof.Dr. Soedijarto sebagai saksi sejarah politik pendidikan di Indonesia. Ternyata profesor yang rendah hati dan sangat mudah dikontak untuk memberikan tanggapan sebagai ahli kirikulum ini bekerja di gedung Kemdikbud selama 44 tahun.

image

Prof. Dr. Soedijarto sudah lama mendukung gerakan perbaikan pendidikan yang kami laksanakan bersama. Kegigihannya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa melalui satu sistem pendidikan nasional, yakni persekolahan, tidak jarang berseberangan denganku. Profesor kurikulum ini juga selalu menyatakan bahwa kearifan lokal kita justru mendorong perpecahan saling mengalahkan, saling menindas bahkan saling membunuh. Menurutnya, founding fathers kita sangat santun dengan menyatakan tujuan berdirinya negara ini untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Tersirat adanya pengakuan kehidupan bangsa kita belum cerdas. Hal ini terbukti dalam pergantian kekuasaan di kerajaan-kerajaan nusantara yang berdarah-darah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s