Berlibur Bersama Sahabat Ke Belitung

Words are easy, like the wind; Faithful friends are hard to find.
William Shakespeare

Akhir pekan ini terasa melelahkan dengan insiden akibat spontanitas yang tak perlu. Syukurlah catatan Rahma masuk melalui wa. Sempat tertunda sampai kembalk menemukan quotes Shakespeare dan menyadari arti penting sahabat.

Mari kita simak catatannya.

60 jam berkesan
Part 3

Hari ini hari kedua aku di belitung dg sahabat sma ku. Setelah shalat subuh aku kembali tidur smtr eby n ntie di kamar sebelah udah asyik ngobrol. Sesuai kesepakatan, aku mandi akan nunggu inong mandi dulu. Agenda hari ini adalah agenda puncak yg ditunggu2 yaitu menjelajah pulau, berenang di laut, snorkling n makan siang di pulau.
Disepakati hari ini qta akan pake kostum yg sama yaitu kaos klas A12 yg kebeneran warnanya cukup gonjreng…..pas kl dipake melaut. Makasih Shasha udah buatin kaos seragam buat qta semua. Qta g mau kalah sama rombongan lain yg juga berseragam :).
Jam 7 pagi qta berempat udah siap n bawa gembolan masing2 yg isinya baju ganti krn qta akan basah2an. G lupa qta semua pake sunblock punya inong. Qta janjian dg pak budi jam 8 jadi qta bisa sarapan dulu dg santai. Jam 8.15 pak budi sampe di hotel n qta lgs brkt ke pos pemberangkatan di tanjung kelayan. Waktu perjalanan dr hotel  ke tanjung kelayan sekitar 30 menit.
Sampe di tanjung kelayan, qta foto2 di salah satu landmark belitung yaitu baliho tinggi dengan tulisan “WELCOME TO BELITUNG” n g lupa pak budi sang pengatur gaya meminta qta berempat  gaya loncat. Tumben kali ini sekali jepret lgs dapet.

image

image

Siap-siap explore pulau di Belitung

image

image

Puas foto di landmark qta langsung menuju warung tempat pak budi pesen makan n sewa alat snorkling. Qta berempat langsung heboh nyobain live vest yg paling fit sama ukuran tubuh qta masing2. G sabar rasanya pgn cepet
nyemplung ke air utk liat ikan warna warni berenang. Oh ya di perjalanan pak budi ngingetin qta utk beli biskuit utk narik ikan mendekat. Tyt biskuitnya enak….jadi pantes aja ikan doyan wong qta aja doyan. Hehehe.
Abis semua persiapan beres lgs qta lari ke perahu. Inong yg blum pernah snorkling sukses ngerayu pak budi utk ikut nemenin qta melaut n punya tgs khusus jagain inong nyemplung nanti.

Akhirnya kapal brkt n tujuan pertama qta pulau burung. Tp qta g turun n emang g ada juga yg turun koq.hehe. jadi perahu hanya ndeket ke arah pulau n qta foto2 dg latar belakang batu bertumpuk yg kl diliat dr jauh berbentuk burung. Berkali2 ucapan kekaguman…subnallah….terlontar dari mulut qta berempat karena emang view nya keren abiiiiisss. Laut nyaa jernih bangeet….view nya bagus banget n awannya biru banget. Perfect combination….
Puas foto2 dg background pulau burung, perjalanan lanjut ke pulau pasir. Pulau ini g terlalu besar n kl laut pasang pulau ini akan tenggelam. N tipikal pulau2 di belitung, tetap dg tumpukan batu2 besarnya. Qta pun lgs ambil gaya foto2 di batu n juga di lautnya yg beninv banget. Ga lupa foto dengan bintang laut (masih idup lho bintang lautnya). Kerreeeeen banget….. oh ya di pulau pasir qta ketemu dg rombongan lain n pemandu rombongan itu heran koq tumben pak budi ikut turun. Sidik punya sidik tyt pak budi amat sangat jarang banget sekali nemenin tamunya turun kec kalo tamunya itu dianggap istimewa. Aciiiiikkk…..berarti dua kali aku ‘diasuh’ pak budi di belitung, dua kali aku dianggap istimewa krn pak budi dua2nya sll nemenin aku melaut. Makasih pak budi…..
Puas menikmati kekerenan pulau pasir qta lgs menuju spot utk snorkling di dkt pulau lengkuas.

image

Ada pengalaman berharga waktu qta otw ke pulau lengkuas. Para nahkoda perahu tyt msh punya jiwa gotong royong yg kuat. Terbukti waktu ada kapal yg mogok mereka tanpa sungkan n pamrih langsung narik kapal yg mogok ke daratan yg terdekat. Sifat ini kayanya udah mulai luntur di kehidupan kaum urban ya #sedih#
Sampai di spot snorkling….ga sabar rasanya pgn cepet2 nyemplung ke laut yg biru n bersih banget. Byuuuur aku lgs nyemplung n mulai nyari ikan2 yg lg pada berenang. G lama qta berempat, eh berlima dg pak budi, udah ada di laut semua. Tp tyt kaki ntie kram jd dia lgs naik n g sempet liat ikan2 berenang. Akhirnya ntie jd juru foto n pengirim umpan utk ke aku, inong n eby supaya qta dideketin sama ikan.
Subhanallah….keeerrreeen banget n asyik banget liat ikan ngerubutin kita. Baru snorkling aja aku udah takjub ngeliat alam bawah laut apalagi kl bisa diving ya…. hhhmmmm…pgn juga belajar diving ya.
G lama eby naik ke atas juga jadi tinggal aku n inong yg g mau jauh2 dari pak budi yg masih melaut. Aku terus berenang kesana kemari sambil sekali2 ngasi makan ikan.
Setelah puas aku naik ke atas trus inong naik juga. N pas inong naik ke perahu dia kepleset n untung kepalanya g kena perahu. Kayanya inong kecapean berenang jadi kepalanya agak pusing. Untungnya g ada luka di badan inong akibat tragedi jatoh tadi.

image

image

image

image

Sayang krn inong sakit….niat untuk naik ke mercu suar batal dech. Kunjungan berikutnya ke pulau lengkuas wajib n kudu naek ke mercusuar untuk ngeliat pemandangan cantik pulau2 di belitung dari ketinggian di atas seratus meter (bdskn cerita temen2 yg bisa naek ke atas mercusuar)

Puas snorkling qta ke pulau lengkuas. Tyt penuuuuh banget di sini. Buah kelapa yg biasanya banyak udah abis. Tp pak budi bisa ngerayu abang penjual utk petikin kelapa lgs dr pohon dg alasan utk inong yg pusing. Muka inong emang agak pucet. Abis minum sdkt air kelapa, teh anget plus dipijet kepalanya sama pak budi, inong udah segeran. Hmmmm….pak.budi emang multi tasking dech.
Langsung trus qta menjelajahi pulau n foto2 di berbagai sudut n ketinggian bebatuan. Dengan berbagai macam pose n berbagai angle pengambilan foto berdasarkan arahan pak budi sebagai sang pengarah gaya.
G kerasa…tiba2 perut mulai keroncongan. Cacing2 di perut mulai beraksi…tanda minta diisi. Qtapun lgs ke pulau kepayang utk menikmati makan siang yg udah diarrange sama pak budi. Hanya butuh waktu 15 menitan qta sampe di pulau kelayang. Qta pun lgs memburu makanan qta. Dg harga 75 ribu per orang qta udah dpt teh n kopi sekenyangnya, plus gangan, udang bakar, ikan bakar, cumi bakar, tumis kangkung belacan n nasi. Tumis kangkungnya enak banget jadi qta nambah dech. Hihi RW 06 ya qta….tp gpp lah…maklum kan cape abis berenang n snorkling #ngeles.com#
Abis makan qta masih nyempatin diri utk berenang (lagi) n juga foto2 (lagi). Hahaha banci kamera banget qta ya….
Akhirnya sampe waktunya qta hrs balik ke darat dech. Huhuhu rasanya g pengen dech ninggalin pulau2 cantik ini. Setelah berperahu sktr 30 – 45 menit qta sampe di darat. N pas turun ada sedikit tragedi….tas pak budi yg dibawa sama asisten nahkoda kena air laut….n akibatnya 2 hp pak budi lgs mati….:'(
Qta berempat trus basuh2 n bilas2, ganti baju kering n g lupa shalat. G berasa pas liat tangan qta….belang 😅😅😅
N kembali ada tragedi lagi pas pembayaran biaya melaut kita hari ini. Qta dianggap ngilangin 1 google buat snorkling yg tyt terlempar ke laut gara2 angin besar. Yaaaa….apa boleh buat, walau ini bkn kesalahan kami krn plastik tempat google dipegang asisten nahkoda, akhirnya qta bayar biaya penggantian. Sblmnya sempet tjd sedikit adu mulut antara pak budi dg ibu2 tempat qta sewa alat itu. Suasanapun jadi sdkt tidak enak gara2 kejadian tadi :'(:'(:'(:'(

Qta pun akhirnya memutuskn pulang ke hotel utk istirahat n janjian jam 19.30 akan dijemput lg sm pak budi untuk makan malam.

image

image

image

Pulau Kepayang

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s