Tumbuh Bersama

This little part that calls “happiness”

Narasi penutup Chris Gardner yang diperankan Will Smith dalam filmnya yang berjudul Pursuit of Happiness sengaja kusimpan di atas. Dalam perjalanannya menjadi pialang saham terkemuka, Chris Gardner selalu merujuk pada kata-kata Thomas Jefferson “Life, Liberty and Pursuif of Happiness” dalam Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat.

Doa Sapu Jagad

Robbanaa Aatinaaa  fid dunya hasanah wafil aakhiroti hasanah
waqinaa adzaabannaar.
Ya Tuhan Kami berilah kami kebahagiaan di dunia  dan kebahagiaan di akhirat
dan jauhkan kami dari siksa neraka.

Frase pursuit of happiness rasanya sangat relevan dalam kondisi keseharian keluarga kami. Seperti kebanyakan orang yang meyakini kehidupan di akhirat, kami berupaya mengejar kebahagiaan sejati dalam hidup untuj kembali dalam keadaan baik di sisi Allah swt. Doa Sapu Jagad pun selaku menyertai hati kami. Dalam doa tersebut kami menyampaikan harapan tertinggi untuk bahagia dunia akhirat.

image

Prinsip tumbuh bersama yang kami anut dalam mengarungi bahtera kehidupan ini menjadi living value yang selalu kami elaborasi termasuk dalam menjalin kemitraan dengan 5 sahabat pendiri PT Binar Cahaya Semesta. Alhamdulillah, keluarga kami mendapatkan anugerah ketika kedua senior kami: Pak Rudi dan Pak Wijaya mendukung upaya Mas Herry untuk mewujudkan mimpi lama kami, mendirikan local content provider terkemuka yang berbisnis diatas nilai-nilai luhur karakter bangsa. Mimpi ini gayung bersambut dengan tim literasi visual yang dibina Pak Itok dan Pak Aris Fachrur selama 12 tahun. Setelah melalui masa panca roba, akhirnya Pak Leon juga bergegas menjadi pilar berikutnya untuk merintis usaha ini untuk menjadi outer to the top.

Jejaring Pengaman

Memulai usaha berskala milyaran di usia yang tidak lagi muda dengan segala keterbatasan memang penuh tantangan. Proses penyamaan persepsi tentang masterpiece yang akan kami terbitkan menelan biaya yang sangat besar. Kata-kata menyejukkan yang selalu diucapkan Mas Herry menjadi jaminan. Pendirian PT secara resmi menjadi pintu pembuka. Jejaring pengaman yang tumbuh bersama kami menjadi modal penyerta yang sangat berharga. Kami tetap optimis meski saat ini dikejar kewajiban finansial untuk membayar gaji seluruh karyawan. Sejak Februari lalu, aku harus berjuang mencari uang BBM, tol dan parkir agar bisa menjangkau banyak pihak untuk kelancaran usaha kami. Itu belum seberapa dibanding Mas Herry dan Pak Leon sudah berbulan-bulan tidak mendapatkan gaji dari Taramitra.

image

Kegiatan advokasi Sekolah Ramah Anak tetap kujalankan bersama Zamzam dan sahabat KerLiP lainnya. Kata Mas Herry, rizki itu ibarat spiral. Aku tidak mau menunda sejenak pun ketika kesempatan terbuka lebar untuk tumbuh bersama menggiatkan Gerakan Membangun Indonesia Ramah Anak bersama keluarga-keluarga peduli pendidikan di seluruh Indonesia. Bisnis idealisme yang kami rintis pun ditujukan untuk menyediakan tools bagi setiap warga negara memahami dan mengambil nilai-nilai luhur dalam lintas sejarah. Seluruhnya kami tujukan untuk tumbuh bersama anak-anak bangsa kembali bangkit sebagai negara yang mandiri, berdaulat dan berkepribadian.

image

Alhamdulillah undangan menjadi narasumber dalam berbagai kesempatan dapat diandalkan menjadi jejaring pengaman finansial keluarga kami. Para pengurus KerLiP pun sangat membantu melalui penyisihan 1/3 dari honor yang diterima untuk menjamin honor Iwang yang sedang merintis Sekolah KecilQ BKB KerLiP ketika usaha ini menyedot semua sumber daya kami. Kesempatan menjadi pembicara ini juga membuatku leluasa untuk mempromosikan Ensiklopedia Lintas Sejarah Indonesia dalam Literasi Visual yang menjadi masterpiece pertama dan utama Binar. Brosur hijau berisi sinopsis 7 jilid ensiklopedia lengkap dengan cuplikan kata pengantar dari Mendikbud menjadi alat promosi yang efektif.

image

Kegigihan Mas Herry untuk menjaga kualitas masterpiece ini patut diacungi jempol. Tim literasi visual kami harus jatuh bangun menyajikan karya terbaik mereka lengkap dengan proses editing yang intens kulakukan. Di lain pihak, Mas Herry pun berjuang keras untuk meyakinkan kolega-kolega kami agar tersedia sumber dana yang memadai sebelum hasil penjualan ensiklopedia masuk. Komentar luar biasa dari para distributor besar terhadap masterpiece Binar menjadi penyemangat saat kami harus jatuh bangun menyiapkan infrastruktur penjualan yang kuat. Insya Allah mimpi kami untuk membangkitkan kesadaran kritis bangsa menjadi generasi pembelajar dari lintasan sejarah yang sarat nilai menjadi niscaya.

Fastabiqul khoirot

Mari berlomba-lomba mengejar kebahagiaan di dunia dan di akhirat kelak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s