Generasi Pembelajar

[12/06 13:30] Ar UPI Aldissain UPI: Bu Yanti, terima kasih doa dan dukungannya. Sy lolos LPDP
[12/06 15:10] yanti kerlip: Alhamdulillahirobbil alamin
[12/06 15:10] yanti kerlip: Jadi kuliah dimana Dis?
[12/06 15:17] Ar UPI Aldissain UPI: Kemarin pas pengajuan ke itb bu. Tapi rencana mau rubah ke hiroshima/usa. Doakan bu semoga lancar kedepannya. Aldis bawa penelitian utk sistem regulasi pembangunan sekolah yg nantinya mengacu pada SRA.  Kalau gak karena SRA, mungkin aldis gak lolos kemarin saat seleksi LPDP. Hehe
[12/06 15:18] Ar UPI Aldissain UPI: Bu, minggu depan rencananya aldis ke jakarta, mau ke LPDP…

image

Alhamdulillah pas Adzan Ashar pas buka HP membaca kalimat ini.
Bahagianya menghantar para kawula muda berprestasi terus berjuang untuk menjadi lebih baik.
Selamat belajar Aldissain Jurizat. Semoga ibunda diberi kesabaran dan kekuatan selama masa penyembuhan dan Allah menyegerakan pemulihan ibunda tercinta ya. Syafahallah.

Selalu membanggakan menyaksikan sahabat-sahabat KerLiP setia menjadi generasi pembelajar sepanjang hayat. Sebelumnya Nurjanni beri kabar masuk.kedalam 300 calon doktor yang mendapat beasiswa dari program Jabar. Lalu Zamzam yang langsung menjadi konsultan Bappenas dan KPPPA setelah lulus S2 dari SGPP. Juga Ova, Nur Afiatin, Nura, Vivi, Azizah, Marcha serta banyak sahabat KerLiP lainnya yang terus tumbuh bersama KerLiP menjadi generasi pembelajar yang idealis.

Belajar Turun Tangan dari Mas Anies

Frase Generasi Pembelajar saya kutip dari kata pengantar Mas Anies dalam Ensiklopedia Lintas Sejarah Indonesia dalam Literasi Visual yang berbunyi:

……..
Tema buku yang menarik ditambah dengan kekuatan visual tentu akan membuat sejarah terasa tak berjarak. Dengan ilustrasi di buku ini maka proses memaknai peristiwa sejarah akan lebih menyenangkan. Sejarah menjadi bagian dari keseharian kita.

Upaya buku ini untuk mendudukkan sejarah secara lebih dekat dan menjadi bagian dari keseharian akan membuat pembaca memandang sejarah dengan lebih kritis. Adik-adik kita sebagai pembaca buku ini akan senang dengan sejarah yang digambarkan dengan cara kreatif, hal ini akan mengantarkan dirinya menjadi pembelajar yang kritis dan aktif.

Kita juga menyambut baik kehadiran buku ini sebagai salah satu upaya mewujudkan tujuan pendidikan kita bersama yakni membentuk karakter. Salah satu karakter yang ingin kita bentuk adalah karakter pembelajar. Sejarah adalah salah satu elemen penting dalam membentuk karakter pembelajar. Melalui sejarahlah kita diajak untuk berproses, untuk terus menjadi pembelajar. Maka kehadiran buku ini menjadi penting untuk generasi pembelajar.

Sekali lagi saya ucapkan apresiasi atas kehadiran buku ini. Selamat membaca dan memaknai perjalanan bangsa ini.

 Jakarta, Juni 2015
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Anies Baswedan

image

Sungguh kehormatan bagi saya sebagai editor kepala dalam penyusunan Ensiklopedia Lintas Sejarah Indonesia dalam Literasi Visual mendapatkan kata pengantar dari orang yang membuat saya bersegera belajar turun tangan bukan hanya urun angan. Ya, frase ini yang mendorong saya membantu suami yang aktif menggiatkan Komunitas Alumni PT pro Jokowi bersama para mantan aktivis kampus hingga terjun langsung membagikan tabloid Islam Rahmatan Lil Alamin dan paket Al Qur’an dan kaos untuk edukasi para pemilih muslim. Peristiwa langka yang menggemparkan bagi keluarga dan sahabat-sahabat kami.semata-mata karena ingin kebaikan, kesederhanaan, kejujuran benar-benar memimpin negeri tercinta. Dukungan Mas Herry juga sangat menentukan ketika meminta saya turut mewakili komunitas alumni PT dari ITB menjadi Relawan88 dan selama saya bekerja demi kepentingan terbaik anak di bawah kepemimpinan Mas Anies sebagai Deputi Kesra Rumah Transisi. Kami sekeluarga benar-benar all out menyambut gembira pemilihan Presiden 2014 lalu.

Teriring doa dan salam sejahtera semoga Allah melimpahkan karunia-Nya kepada orang-orang baik yang bersedia menjadi pelayan publik di negeri tercinta ini. Saya dan Mas Herry memutuskan untuk bekerja menyediakan sumber belajar pendidikan karakter bangsa agar melahirkan generasi pembelajar yang memiliki integritas, kejujuran, keberanian, rasa hormat, adil, setiakawan, kebangsaan, amanah, tanggung jawab dan disiplin.

Insya Allah

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s