Duta Anak Bandung Menuju Kota Layak Anak

1. Sebenarnya apa sih Duta AnaK Bandung ini ?
Duta Anak Bandung itu merupakan ajang pemilihan putra/putri kota Bandung. Dimana Duta Anak Bandung yang terpilih akan menjadi bentuk represntasi dari anak-anak di kota Bandung.

2. Tujuan diadakannya acara Pemilihan Duta Anak Bandung ini apa?
Tujuan diadakannya acara ini untuk turut serta membantu Kota Bandung mendapat predikat sebagai Kota Layak Anak. Memberikan ruang dan dukungan bagi anak Kota Bandung untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial dan budaua, serta mendukung pemenuhan hak-hak anak berdasarkan peraturan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

3. Acara Pemilihan Duta Anak Bandung ini kapan dilaksanakannya?
Acara ini pelaksanaan rangkaian acaranya dimulai dari tgl 5 April 2015 sampai 6 Juni 2015.

4. Setelah Terpilihnya Duta Anak Bandung, kedua Duta Anak Tersebut bertugas menjadi apa ?
Duta Anak Bandung bersama para finalis akan diikutsertakan dalam Forum Komunikasi Anak Bandung yang sebelumnya sudah lebih dulu terbentuk. Duta Anak Bandung ini juga nantinya akan ikut dilibatkan dalam berbagai kegiatan yang diadakan Pemerintah Kota Bandung yang berhubungan dengan kegiatan Anak. Selain itu Duta Anak Bandung nantinya akan dilibatkan dalam berbagai Forum-Forum Anak

FAQ Sheet ini terpampang jelas dalam website yang dibuka oleh mahasiswa Fikom Unpad yang menginisiasi Pemilihan Duta Anak Bandung http://www.dutaanakbandung.com/faq.html

Apresiasi yang setinggi-tingginya bagi kelompok mahasiswa dalam bimbingan dosen mereka Bapak Centurion, atas keberhasilan mereka memenuhi tugas dengan menginisiasi kegiatan yang luar biasa.

image

Saya mencatat beberapa hal menarik dari upaya kawula muda ini :
1. Visi dan  misi yang sederhana dan sangat mungkin akan berkelanjutan mendorong partisipasi anak khususnya di kota Bandung melalui FoKAB memastikan Bandung Kota Layak Anak.
2. Kesungguhan dalam merencanakan dan mengemas kegiatan dilengkapi dengan kampanye fokus di Dago CFD dan beberapa SMP di kota Bandung.
3. Kemampuan menjaring beragam sponsor terutama dari media cetak dan elektronik.
4. Kolaborasi dengan FoKAB sejak awal memungkinkan terhubung dengan jejaring lainnya seperti KerLiP dan BP3AKB Jabar
5. Keseriusan melibatkan anak sebagai salah satu juri yang diwakili Syahna Ketua FAD Jabar, perwakilan media dari 99ers dan psikolog diwakili bu Retno dengan menghadirkan kasus-kasus aktual patut diacungi jempol.

image

Kemitraan anak dan kawula muda

Peran Nabila, Syahna dan Bilqis memperkuat Ervin yang sudah lebih dulu berhubungan dengan Annisa dan Fatma dari Fikom Unpad menunjukkan kemitraan yang khas antara anak dan kawula muda. Fenomena yang menarik untuk dicermati apalagi sejak KerLiP merintis GERASHIAGA 2010 lalu, kemitraan anak dan kawula muda ini mendapat perhatian khusus.

Anak-anak yang tergabung dalam Gerakan Siswa Bersatu Menuju Sekolah Aman (GSB MSA) merupakan sumber inspirasi belajar sepanjang hayat dalam bimbingan bu Nia Kurniati guru sekaligus pembimbing Kelompok Ilmiah Remaja. Dede Sunarya sebagai koordinator diperkuat pendamping lapangan Rijaludin Masri yang juga presiden Lingkar Perlindungan Anak kota Bandung dan dukungan administrasi dari teh Fira  berhasil memfasilitasi 9 anak hebat tersebut untuk tumbuh kembang menjadi diri sendiri. Pada saat yang sama kawula muda dari BEM STKS hadir mendorong penguatan kemitraan dalam GERASHIAGA.

image

Keterbatasan peserta didik SMP untuk menyiapkan roadshow GERASHIAGA yang kemudian diubah menjadi Safari GeMBIRA diisi dengan peningkatan partisipasi kawula muda dari STKS, UPI, UNPAD yang hadir belakangan. Hasilnya adalah beragam kegiatan yang dilaksanakan di SDN Pelesiran, SDN Coblong, SDN Cisitu, SMP Al Falah, MAN 1, SMAN 1, SDS Al Amin, bahkan sampai advokasi kebijakan di tingkat nasional.

Besar harapan kemitraan yang kini terjalin antara mahasiswa Fikom UNPAD, FoKAB, FAD Jabar memperkuat inisiasi yang sudah dirintis sejak 2010.

.

Advertisements

One thought on “Duta Anak Bandung Menuju Kota Layak Anak

  1. Bencana bisa terjadi kapan saja. Bisa terjadi saat anak anak sedang bersekolah itulah yang membuat pentingnya sekolah aman bencana. Selain itu juga latihan evakuasi bencana di seolah perlu dikenalkan di setiap sekolah dan rutin dilakukan, agar saat bencana datang semua sudah siap,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s