#Rasa Hormat : Grand Final Pemilihan Duta Anak Bandung

Begitu datang, kepala BP3AKB Jabar langsung menanyakan beberapa hal terkait kegiatan Pemilihan Duta Anak Bandung. “Kita beri apresiasi yang tinggi atas inisiatif ini. Meskipun salah penulisan dalam sertifikat, saya tandatangani karena sudah ada tanda tangan bu Yanti KerLiP dan Pak Dedi dari UNPAD. Sebenarnya bagaimana persiapan acara ini? Mengapa tidak berkoordinasi dengan kami? Insya Allah kami akan dukung penuh,”ujar bu Neny, Kepala BP3AKB Jabar sambil mempersilakan aku duduk di sampingnya.

image

“Mohon maaf, Bu Kaban. Saya mendengar rencana ini dari bu Sari yang gelisah dengan manuver Ervin, ketua Fokab. Kata bu Sari, Ervin memutuskan sendiri tidak berkoordinasi dengan Syahna. Annisa dan Fatma serta 2 laki-laki perwakilan dari Mahasiswa FIKOM UNPAD yang merancang acara ini datang menemui kami pada kegiatan OPeRA kamis terakhir di rumah ditemani Syahna dan Nabila,” jawabku sambil melambaikan tangan agar Fitry menghampiri kami. Bu Dian kepala Bidang KPA BP3AKB Jabar berkali-kali menyampaikan upaya yang sudah dilakukan agar sertifikat Duta Anak diperbaiki. “Mohon berkenan dibantu, Bu. Waktunya sudah mepet jadi kami kesulitan untuk memperbaiki redaksinya,” imbuh Bu Dian menyampaikan penjelasan dari Fatma. Aku mengiakan. Alhamdulillah karena menghargai upaya panitia, bu Kaban menandatangani serifikat tersebut.

Kami berbagi cerita tentang kelemahan anak-anak sekarang yanb belum mengenal cara santun untuk berkomunikasi baik melalui telpon maupun tatap muka. Sangat disayangkan, koordinasi persiapan kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memenuhi tugas kuliah ini tidak mengantisipasi banyak pernak-pernik yang menunjukkan rasa hormat satu sama lain. Hasil pertemuan Kamis itu menyepakati kolaborasi dalam bentuk sumbangan substansi.dari KerLiP dan pembinaan berkelanjutan kepada Duta Anak oleh Green SMile Inc dan SeKAM. Bu Dian berulang kali menyampaikan bahwa ini tugas kita mendidik anak dengan penuh rasa hormag. Para finalis Duta Anak Bandung akan ditawarkan masuk menjadi anggota Forum Anak Daerah Jawa Barat. Bu Dian menyatakan keinginannya untuk melakukan pembinaan terprogram mengenai kepribadian dan budi pekerti.

Someah Hade ka Semah Someh Hade ka Imah.

Kalimat Someah Hade ka Semah yang berarti ramah kepada tamu jadi terasa hanya sekadar slogan ternodai oleh beberapa sikap kurang santun yang ditunjukkan panitia penyelenggara. Ketika giliranku tiba memberikan sambutan, hal ini sempat kusinggung. Tentu setelah menyatakan penghargaan dan apresiasi yang luar biasa kepada Annisa, Fatma dkk.

image

“Ada apa dik?” tanya bu Kaban ketika di kejauhan melihat salah satu anggota panitia menunjukkan gerakan dan dua jari. “Waktunya tinggal 2 menit lagi, Bu,” ujar mahasiswa itu sambil mendekat ke podium tempat bu Kaban sedang memberikan sambutan. Kontan saja bu Dian dan aku bereaksi. Kuputuskan untuk menghampiri Niken ketua panitia dan Pak Centurion dosen mereka. “Aduh, tindakan temanmu itu tidak pantas. Mohon sampaikan maaf kepada bu Nenny ya. Beliau sengaja mendahulukan hadir disini dan menyiapkan kata sambutan pembukaan acara padahal harus ke Bogor. Apalagi beliau kan senior kalian di FIKOM Unpad. Mohon sampaikan maaf ya atas kelancangannya,” aku mengatakannya dengan gemas di dekat Niken.

Tidak lama kemudian bu Nenny menutup sambutannya dan menyatakan acara ini dibuka. Kulihat Niken menghampiri bu Kaban saat beliau turun dari podium. “Bu Yanti, kata Pak Kadis, budi pekerti akan menjadi muatan lokal. Semoga bisa segera dilaksanakan ya. Ibu benar-benar prihatin dengan sikap lancang anak-anak mahasiswa ini. Alhamdulillah tadi Niken minta maaf atas ketidaknyamanan menghentikan sambutan dengan cara kurang santun. Ibu langsung ke Bogor ya. Bu Yanti harus hadir besok Senin jam 9 di Bogor. Kita bicarakan detilnya dengan Bapak Wagub,”bu Kaban menyampaikan keprihatinannya sambil beranjak pamit bersama bu Dian dan bu Antik setelah anak-anak SLB Cipaganti menampilkan tari Jaipong yang luar biasa.
image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s