Menjaga Amanah Ilahi

Maunya ucapkan selamat Hari Lingkungan Hidup sedunia dengan gembira  tapi hati lagi rusuh dengar berita di sumsel anak 12 tahun memperkosa 8 org anak 5 org laki2 dan 3 org perempuan. Katanya pelaku terstimulasi karena sering nonton dvd porno punya orang tuanya…
Duh gusti Allah…tak kuasa menangis pilu…belum bisa berbuat apa-apa…berita ini menambah tumpukan berita-berita sejenis dimana-mana…anak-anak kita, bapak, ibu, akang, teteh…deudeuh teuing…
Ada teman yang menyiapkan proposal penelitian untuk ungkap masalah ini dengan tuntas…tapi belum jelas bisa diajukan kemana. Ingin bantu…tapi sedang serba terbatas…

Astaghfirulllahal azhiim…
Semoga ini yang terakhir ya Allah…

Rasanya sudah lama sekali ngga pernah update status seperti ini di fb. Tiba-tiba saja jadi tak kuasa menahan pilu. Bagaimana bisa tak bergeming sibuk menyusun norma, standar, prosedur dan kriteria dengan 15 kementerian/lembaga terkait saat berita seperti ini mengalir deras tak terbendung.
“Ini yang mengemuka, teh! Aslinya lebih parah, bak fenomena gunung es,” ujar teman satu grupku di GENTaskin.

Harus mulai dari mana? Setiap orang yang kukenal di JPAI dan yang bergiat di pemenuhan hak anak sudah bergegas menangani masalah ini. Rasanya aku tak pantas dikukuhkan jadi anggota Tim Pokja Penanganan Trafficking dan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak. Memang bagianku rekomendasi kebijakan, tapi mana bisa aku berdiam diri hanya fokus disitu.

Pengaruh Media Sosial

Saat ini aku masih didalam mobil yang dikendarai Toni, penduduk Bandung Selatan tempat dimana kejadian serupa kami tangani dengan BP3AKB Jabar sejak 2014. Apa daya, waktu dan kemampuanku sangat terbatas. Saat ini aku baru merintis usaha untuk hadirkan local content untuk keluarga sambil menuntaskan regulasi Sekolah Ramah Anak dan turunannya.

Untunglah ada Bu Sari, pengurus baru Perkumpulan KerLiP dan putri sulungku yang bersedia  menuntaskan Roadmap Pembinaan Pendidikan Keluarga. Kami mengemas praktik-praktik baik yang berserakan untuk bisa membangun ketahanan keluarga dalam 8 fungsinya untuk menjadi Keluarga IDAMAN. Lalu dukungan kompetensi Zamzam yang menjadi konsultan lepas di KPPPA dan Bappenas memperkuat advokasi SRA. Saat ini menyiapkan knowledge management Sahabat Kartini yang akan memulai program PANUTAN bagi keluarga di Rusun Cakung serta mendampingi Kadisdik Riau untuk menata pendidikan untuk semua anak Riau.

Diskusi intensif Jejaring perlindungan anak Indonesia dari mailist sudah beralih ke group WA. Grup baru ini aktif hadirkan berbagai informasi terkait. Tak jarang Yuyum  mendorong anggota grup JPAI untuk aksi bersama di sekitar Jabodetabek. Grup GENTaskin ada Kang Abud, Sukma, Feby serta Gerakan Indonesia Pintar saling berbagi informasi gerakan pemenuhan hak pendidikan anak. Grup alumni DMA, kiliah dna SMP di wa dan fb turut menghangatkan suasana hati dengan informasi ringan.

Bagiku kehadiran media sosial sangat membantu dalam upaya kampanye dna advokasi pemenuhan hak dan perlindungan anak. Berulang kali pembahasan terkait peristiwa memilukan yang mirip dengan awal tulisan ini berakhir pada kajian pengaruh media sosial.

[05/06 09:14] Abud Gentaskin: Tp pengaruh media mmng yg plng luar biasa menurut sy
[05/06 09:15] Abud Gentaskin: Besok pak Rudiantara kasih kuliah umum di pasca fikom
[05/06 09:15] Abud Gentaskin: Ttng teknologi informasi dan modernisasi
[05/06 09:15] Abud Gentaskin: Tp apa beliau pernah berpikir dampak negatifnya trutama utk anak2.

image

Semoga segera diantisipasi ya Kang Abud. Kayaknya sudah media sosial sudah jadi ancaman yang serius dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak-anak kita.

Saatnya kita semua memperkuat upaya untuk menjaga anak-anak yang diamanahkan Ilahi untuk masa depan kemanusiaan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s