Setiakawan di SMA #MYAF #5

Usia remaja penuh lika-liku. Kadang ingin menyendiri padahal sangat butuh berteman. Tidak jarang kebingungan memilih apa yang pantas dikenakan hari ini. Dari sisi ini penetapan seragam sekolah jadi sangat membantu. Kita tak perlu kebingungan memilih baju. Fokus perhatian pun lebih banyak diarahkan untuk membangun persahabatan. Maka jangan heran jika kita menemukan tumbuhnya kelompok, komunitas, geng,  klab-klab di usia remaja.

Indahnya Persahabatan

Persahabatan bagai kepompong
Mengubah ulat jadi kupu-kupu

Syair lagu ini menari-nari di pikiranku. Nikmatnya persahabatan di SMA. Bayangkan, 30 tahun setelah bertemu di kelas 1 D2,  masih terasa hangatnya persahabatan. Malam pertama menginap bertiga di kamar sempit yang kami sewa di Hotel dekat bandara rasanya tak ada sekat. Kami habiskan waktu menjelang terlelap dengan berbagi cerita.

Tiba di bandara lalu menikmati perjalanan menuju lokasi wisata pilihan hati makin menghangatkan suasana. Apalagi ternyata family suite yang kami pesan di Green Tropical Hotel sangat nyaman. Hampir saja kami satukan ranjang dari kedua kamar agar bisa tidur berempat. Saling meledek tapi bukan membully, berbagi makanan kecil bekal dari rumah dan jatah di pesawat, antri ke kamar mandi, saling meminjam charger dan alat sholat, jadi penanda tumbuhnya setiakawan dalam persahabatan kami.

image

Kemudian makin menguat setelah menghabiskan waktu tiga hari dua malam berlibur bersama mereguk keelokan alam Belitung. Beberapa tantangan kecil membuat persahabatan kami makin terjalin erat.

Komunitas Ramah Anak

Lalu mengapa kita sangat khawatir dengan geng-geng yang makin marak di kota-kota besar? Pencarian identitas melalui geng yang terbentuk di luar sekolah dengan sistem rekruitmen yang aneh dan terdengar mengerikan memang harus dihindari.

Sekolah mendapat tantangan besar. Dulu OSIS terkesan diberlakukan untuk menghindari mobilisasi oleh paham-paham yang dianggap berseberangan oleh pemerintah. Kini OSIS dapat merevitalisasi diri menjadi fasilitator perubahan. Mulai dengan mengenali geng-geng yang berkembang di sekolah dan memfasilitasi mereka untuk menjadi Komunitas Ramah Anak.

image

Komunitas Ramah Anak pertama kali dideklarasikan oleh Story 7th, geng yang dibentuk lintas sekplah bahkan ada yang sudah kuliah, namun sangat diminati anak-anak SMPN 7. Hasil aksi CDEF Nabila Ishma ini berupaya mengubah stigma anak nakal kepada anak-anak Story 7th. Meskipun masih terlalu dini dinyatakan berhasil, fenomena anak-anak keren yang bergabung di komunitas Story yang berani berikrar menjadi Komunitas Ramah Anak patut diacungi jempol.

Anak-anak yang berkomunitas dengan sebayanya tidak perlu diarahkan, tapi difasilitasi untuk mendapatkan apresiasi yang berkeadilan dari orang dewasa di sekolah dan rumah. Simak saja perjalanan kami membentuk MYAF.

Selama di SMA kami bersama-sama menghabiskan waktu istirahat dan berkegiatan bersama.  Mulai dengan jajan Tanaski Tahu panas masa Kini, mengikuti Bandung Lautan Api, nonton Air Show, janjian makan di tempat tertentu, les kimia bersama, berbagi diktat kepada teman yang tidak dapat mengikuti bimbingan belajar, dst. Hampir tidak ada kegiatan belajar mandiri bersama. Prestasi kami juga biasa-biasa saja bahkan masuk.10 tertinggi dari belakang.

image

Kami belajar setiakawan  dalam bermain dan menghabiskan waktu luang bersama. Yakinlah, anak-anak sekarang pun membutuhkan hal yang serupa meski tak sama. Kegembiraan yang hadir dalam kebersamaan tanpa agenda-agenda khusus dan lebih banyak spontanitas terasa lebih seru. Kelak, ketika anak-anak kita mengambil alih tampuk pimpinan kehangatan dan rasa setia kawan yang tumbuh bersama ini akan menjadi modal kuat untuk tak segan saling mengingatkan dalam kebenaran dan ketabahan.

Wallohu a’lam

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s