Aksi MeSRA forum Anak Jabar

Pertemuan kami di Lembang dalam kegiatan pelatihan Forum Anak Daerah Jawa Barat terus berlanjut. Nirwan mengajak teman-temannya meramaikan Cafe Ilmu di Dago CFD. Sejak saat itu, Naretta, Sendra, Faridz, Bilqis dan Nirwan intens kumpul di Rumah KerLiP. Mereka merumuskan dan menjalankan Safari GeMBIRA ke SDN Kordon dan SDS Al Amin setelah kegiatan di SMPN 49 tempat Bilqis belajar.

SPeAKnACT

Berita kejahatan seksual pada anak yang terjadi di JIS dan Sukabumi mendorong Nirwan dkk merumuskan aksi anti kekerasan terhadap anak. Posko Sahabat Anak pun dibuka dengan dukungan kakak-kakak mereka dari STKS. Bilqis menginisiasi kampanye Saya Pelajar Anti Kekerasan dan Amat Cinta Keluarga atau SPeAKnACT. Anak-anak dibantu bu Lia dari komunitas #BdgCleanAction  untuk menghadirkan bu Atalia, pembuatan logo dan siaran pers. Mereka juga bersinergi dengan komunitas Cinta Keluarga. Peluncuran SPeAKnACTBdg dilaksanakan pada tanggal 18 Mei 2014.

Proposal yang dirancang Sendra menjadi acuan persiapan peluncuran SPeAKnACTBdg. Safari GeMBIRA ke SDN Kordon dilanjutkan dengan pendampingan setiap Sabtu. Mereka menjadi sumber inspirasi bagi mahasiswa STKS yang mengikuti pelatihan 3C bersama bu Nia dan anak-anak asuhannya serta 50 mahasiswa magang dari UNISBA.

Saat bersamaan Aas membawa 2 anak agen MeSRA Simpang Empat dan guru pendamping untuk belajar bersama Nirwan dkk. Hendi dan Nita peseta didik SMAN 1 Simpang Empat Kabupaten Karo mendapatkan kesempatan emas dari bu Nia untuk magang menjadi co fasilitator dalam pelatihan awal 50 mahasiswa magang dari Unisba. Iwang dan Aas membantu menyiapkan SDS Al Amin sebagai tempat pelatihan. Nirwan, Sendra dan Faridz pun sepakat hadir mengikuti pelatihan tersebut setelah mengikuti kegiatan di sekolah mereka.

SPeAKnACT Bandung dideklarasikan anak-anak Jabar dan perwakilan Karo bersama ibu Atalia dan Kadisdik kota Bandung, Dr. Elih Sudiapermana serta Kepala BP3AKB Jabar di halaman SMANSA Dago. Hendi dan Nita memeriahkan acara dengan mengiringi Allisa memainkan biola dan menyanyikan lagu-lagu Tanah Karo. Mereka pun ikut menandatangani spanduk besar SPeAKnACT dengan janji membuka SPeAKnACTKaro sepulang ke tanah kelahiran mereka.

SPeAKnACT kemudian dibawa Nabila untuk menjaring suara teman sebaya saat mengikuti WCDRR bersama Allisa dan Fitry dari Green SMile Inc. di kota Sendai Jepang. Logo SPeAKnACT pun bersanding dengan logo KerLiP dan logo lainnya saat SMAN 15 Bandung menerima kunjungan ibu Atalia untuk belajar tentang aksi-aksi MeSRA di sekolah penerima bansos provinsi Jabar atas fasilitasi Bu Sari.

Kemitraan dengan Anak

Setelah Syahna terpilih menjadi ketua FAD Jabar, saya berusaha memperkuat kemitraan dengan anak hebat ini . Ada tiga aksi MeSRA yang dapat meningkatkan partisipasi anak di beberapa kota/kabupaten di Jawa Barat  antara lain:Safari GeMBIRA, Cafe Ilmu GeMBIRA di Car Free Day dan GSB MeSRA.

Sayang sekali, inisiatifnya baru muncul sepihak. Setiap kali bertemu Syahna saya menanyakan kapan mulai mengkampanyekan GeMBIRA kepada pengurus FAD Jabar. Namun nampaknya belum cukup kuat untuk ditindaklanjuti. Bu Sari sebagai fasilitator utama KerLiP masih perlu didorong lebih proaktif untuk memastikan ketiga kegiatan tersebut benar-benar melibatkan anak-anak sebagai mitra sejajar.

Kegiatan OPeRA setiap Kamis dan Cafe Ilmu GeMBIRA masih belum dimanfaatkan secara maksimal untuk koordinasi GeMBIRA bersama KerLiP. Sudah 2 kali Kamis kami tidak melaksanakan OPeRA karena jadwal saya dan bu Sari bentrok dengan kegiatan lain. Pendampingan ke SMAN 15 pun masih bergantung pada panggilan dari pihak sekolah.

image

Mudah-mudahan pelatihan KHA bagi multipihak yang akan dilaksanakan Asdep PHPA KPPPA di SMAN 15 Bandung menjadi momentum yang tepat bagi pengurus KerLiP untuk memperkuat pelembagaan  kemitraan dengan anak melalui pelembagaan GSB MeSRA di SMAN 15 Bandung dengan mengadopsi praktik baik di SMPN 11 Bandung.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s