Tekun

Dalam pidato penutupan OSN 2015 di gedung Sportorium UMY, Mendikbud menegaskan bahwa OSN adalah garis start untuk membawa bendera merah putih berkibar di Olimpiade Sains. Paradigma lama bahwa kita perlu membangun sumber daya manusia harus kita ubah. Manusia bukan sekadar salah satu faktor produksi. Kekayaan terbesar bangsa kita adalah manusia Indonesia. Pembangunan manusia seutuhnya melalui pendidikan niscaya mampu menyejahterakan bangsa.

Semangat anak-anak peserta OSN yang tekun meraih prestasi akan menjadi bagian penting dalam meneruskan sejarah perjalanan Indonesia. OSN diharapkan menumbuhkan leadership, entrepreneurship dan integritas. Para saintis muda ini memiliki kecakapan untuk menyusun proposal dalam kerangka mendorong kemajuan bangsa.

image

OSN memberikan peluang anak-anak menunjukkan kinerja terbaik dengan menjadi salah satu ajang untuk identifikasi anak-anak yg berpotensi di bidang sains. Kita harus bisa mengidentifikasi kemampuan anak-anak untuk menyiapkan anak-anak bangsa menjadi garda terdepan dalam berkompetisi lintas bangsa. OSN adalah salah satu kompetisi yang menjadi bagian dari pembelajaran agar anak Indonesia tumbuh tangguh dan ulet. Wahana yang memberikan modal bagi anak-anak kita utk membangun masa depan bangsa yang lebih baik.

Elit tapi tidak eksklusif

Para peserta OSN selama sepekan membangun pertemanan dan bercakap dalam bahasa Indonesia, bahasa persatuan membangun ikatan kesatuan bangsa yang bhinneka ini. Kita harus jaga semangat kebangsaan yang tumbuh dalam ajang kompetisi ini. Awal yang baik bagi anak-anak berprestasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Anak-anak peserta OSN boleh merasa elit karena prestasi tapi jangan eksklusif. Jangan hanya ingin muncul dengan pandangan sekadar mengharapkan beasiswa. Jangan pernah merasa nyaman. Terbuka peluang mendapatkan beasiswa dari berbagai tempat. Cari peluang karena anak-anak Indonesia anak yang tangguh, penuh semangat dan keinginan mencari yang terbaik bagi bangsa ini.

Anak Indonesia yang mendapatkan beasiswa unggul di luar negeri terbukti selalu menorehkan prestasi yang gemilang membawa nama baik Indonesia di jajaran internasional.

Guru di garis depan yang akan diluncurkan presiden pada hari Senin pagi sebanyak 800 orang diharapkan dapat melahirkan anak-anak elit baru dalam berprestasi dari daerah terluar dan perbatasan NKRI.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s