Setia Kawan

Bertahun-tahun lamanya kami tumbuh bersama berjuang memperbaiki sistem pendidikan nasional di jalan masing-masing. Tidak jarang berbagai isu menempatkan kami berdiri berseberangan. Caranya yang santun, penuh rasa hormat dan begitu meninggikan martabat dalam berkomunikasi membuatku belajar tentang akhlak mulia tanpa batas.

image

Partisipasi KerLiP dalam Kampanye Pendidikan Untuk Semua (PUS) di Indonesia mulai dilaksanakan ketika ketua pengawas kami, Bapak Herry Sugiharto, menghubungkan kami dengan para pegiat pendidikan anak termasuk ketua pelaksana harian Forum Koordinasi Nasional PUS, Pak Fasli Jalal, Dirjen PLS, pada tahun 2002. Prinsip tumbuh bersama memperkuat pembelajaran karakter setia kawan, rasa hormat dan integritas seiring dengan perjalanan kami tumbuh bersama Pak Fasli.

Hak (Anak) Atas Pendidikan

Semua anak berhak untuk mendapatkan 5K layanan prima pendidikan mulai dari keteraksesan, keterjangkauan, kualitas/mutu dan relevansi, kesetaraan, keberterimaan. Istilah yang diperkenalkan Pak Fasli ini dalam Renstra Sistem Pendidikan Nasional terasa makin akrab dalam  keseharian kami menggiatkan pemenuhan hak pendidikan anak. Beberapa dokumen penting dalam kampanye dan advokasi PUS yang dilaksanakan KerLiP tak.pernah lepas dari upaya untuk meningkatkan 5K layanan prima.

Kami mulai mendapatkan dukungan dan kerjasama Pak Fasli saat membuka Pekan Keluarga Teladan yang dilaksanakan bersama warga SD Hikmah Teladan tanggal 6-14 April 2003 di Aula Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Peningkatan partisipasi anak dan keluarga dalam pendidikan kami kemas dalam program Sekolah Akhir Pekan terintegrasi kedalam Pendidikan Inklusi. SD Hikmah Teladan dan SD Mutiara Bunda pun dideklarasikan menjadi pelopor Sekolah Akhir Pekan pada kegiatan tersebut.

Seminar yang dihadiri wakil Gubernur Jawa Barat dan Pak Eko Jatmiko yang dikirim mewakili Pak Fasli dilanjutkan dengan Dialog Rakyat tentang Hak Atas Pendidikan di aula Balai Kota Bandung pada tanggal 9 April 2003.bersama Komunitas Pendidikan Kota Bandung. Berbagai slogan yang disusun oleh guru-guru SD Hikmah Telaan dan siaran pers yang disusun Bapak Herry Sugiharto menjadi perangkat Aksi Damai Artistik yang memeriahkan Sekolah Terbuka di Gedung Sate bersama Ustadz Abu Syauqi. Sekolah Terbuka ini dilaksanakan serempak di berbagai negara pada waktu bersamaan menandai Sepekan Aksi PUS di seluruh dunia. Pemberitaan media cetak dan elektronik yang mengangkat Aksi Damai Artisitik ini menjadi pembelajaran yang berharga tentang 4 prinsip hak anak dalam pendidikan yakni non diskriminasi, prinsip kepentingan terbaik anak, hak anak untuk tumbuh kembang, kelangsungan hidup dan hak anak untuk berpartisipasi didengar pendapatnya dan ditanggapi dengan sungguh-sungguh. Saat itu kami juga menyelenggarakan pawai PUS bersama IGTKI kota Bandung di Balai Kota pada tanggal 13 April 2003.

Sejak saat itu kampanye dan advokasi pemenuhan hak pendidikan untuk semua anak yang inklusi dan ramah anak terus kami lakukan bersama sahabat-sahabat KerLiP dengan memperdengarkan suara anak. Puncaknya saat Hafiyan murid kelas 4 SD Hikmah Teladan menyampaikan temuannya pada kegiatan children missing out mapping dengan cara khas anak pada kegiatan Sepekan Aksi PUS tahun 2004. Kami bersyukur pertemuan Hafiyyan dengan Prof Surya, ketua PGRI dan ketua MPR pak Amien Rais di Hotel Panghegar ditindaklanjuti dengan pertemuan-pertemuan berikutnya. Sebuah upaya kecil yang bermuara pada amandemen keempat UUD 1945 mengenai alokasi sekurang-kurangnya 20 % dari APBN dan APBD dalam.kerangka 5 K layanan prima pendidikan untuk semua .

Kampanye dan advokasi PUS masih dan akan terus kami giatkan sampai semua anak termasuk yang memerlukan pendidikan khusus dan/atau layanan khusus menikmati Hak atas Pendidikan dan Perlindungan hak-hak anak di pendidikan melalui GeMBIRA bersama KerLiP.

Sambil menunggu saat pertemuan dengan Pak Fasli untuk memulai langkah nyata mencapai target Gerakan Indonesia Pintar dalam memastikan Dewan Pendidikan Nasional langsung dibawah Presiden.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s