Keberanian

Bu Lilik, saya dan Pak Hamid bergantian menceritakan berbagai tantangan ketika memulai berdagang saat sekolah dulu. Pak Hamid menjual gulali yang dibuat bersama ibunya, bu Lilik menjual es dalam termos sedangkan saya menjual sistik dan bakpia buatan adinda, Enung. Rasa malu saat pertama berjualan masih terasa.

Pak Hamid mengutip kata-kata Pak Yusuf Kala, berdagang memerlukan keberanian dan kecerdasan yang tumbuh dalam latihan. Belajar sambil melakukan takkan pernah luput dari ingatan.

Zamzam segera mengabadikan obrolan ringan di sela-sela pertemuan dadakan untuk menyampaikan perkembangan terkini mengenai sekolah ramah anak.

image

Tumbuh Bersama Mewujudkan Sekolah Ramah Anak

Meskipun sudah sangat sering melakukan kegiatan gerilya seperti ini, namun tetap saja harus mengumpulkan keberanian. Ada rasa sungkan ketika datang tanpa diundang dan tanpa surat pemberitahuan. Alhamdulillah semangat bu Lilik untuk memperkuat Gerakan Indonesia Pintar dan posisinya sebagai kasubdit program dan evaluasI Dit PKLK Ditjen Dikmen sangat membantu. Allah selalu hadirkan tangan-tangan-Nya melalui cara yang tak terduga.

Saya menyampaikan pesan pak Rustam dari Kemdagri mengenai pentingnya surat pemberitahuan dari kemdikbud mengenai SRA sebelum perpres Gerakan SRA diterbitkan. Rencana untuk membentuk sekretariat disambut hangat oleh Pak Hamid. Beliau menegaskan pentingnya menerbitkan perpres segera agar semua inisiatif termasuk pesan Kemdagri dapat dilaksanakan.

Tak lupa disampaikan info terakhir mengenai masukan revisi KPPA terhadap Draft Perpres SRA yang disiapkan oleh Subag Biro Hukum Ditjen Dikdas dalam pimpinan Pak Thamrin. Pak Hamid pun mengarahkan kami untuk menemui Pak Pranata dan Pak Purwadi menjawab pesan bu Elvy Asdep PHPA KPPPA tentang pertemuan khusus dengan pejabat pelaksana pembinaan guru. Arahan ini segera saya teruskan kepada bu Elvy setelah menemui Pak Purwadi di kantornya.

Suasana pertemuan terasa makin santai. Saya memberanikan diri untuk menyampaikan proposal peluncuran Gerakan Indonesia Pintar yang disusun KerLiP dan Sahabat Kartini. Besar harapan dapat bersinergi dengan Satgas Program Indonesia Pintar yang dipimpin Pak Hamid.

Informasi terkini mengenai Gerakan Indonesia Pintar yang dilaksanakan Komune Raka Pare di kota Bandung, Jatinangor dan Semarang mendapat tanggapan serius dari Pak Hamid. Sekali lagi Pak Hamid menegaskan kesiapannya untuk mendukung sekretariat Gerakan Sekolah Ramah Anak setelah Perpres terbit dan pentingnya relawan untuk monitoring sampai di daerah.

Ternyata Pak Hamid dan KerLiP tumbuh bersama dalam kerangka aksi Education for All yang dipimpin Pak Fasli Jalal sejak 2002. Senang dan bangga menyimak berbagai terobosan yang dilakukan Pak Hamid sejak menjadi Kasubdit dan Pak Fasli sebagai Dirjen PLS.

Kami pun sepakat untuk segera menyiapkan rencana pembentukan aliansi perusahaan peduli pendidikan. Beberapa praktik baik saat Mas Anies mendapatkan bantuan profesional yang luar biasa sebagai unit kerja di Deputi Kesra RT, kelas inspirasi, youth ecosocpreneur internship, forum CSR Jabar, deklarasi pembentukan APSAI dalam Konferensi Asia Pasifik tentang KLA saat Pak Jokowi menjadi walikota Solo, social gathering dengan para pengusaha muda, CSR Astra, Garuda, Unilever akan segera diperluas melalui aliansi tersebut. Sekilas disampaikan mengenai rencana kontribusi Sahabat Kartini untuk menggiatkan Gerakan Indonesia Pintar melalui program PANUTAN di rusun Jakarta, Kecamatan Sukasari, Riau serta gagasan Mensos melalui Tim Pokja untuk mwmperkuat CLC di Malaysia.

Keberanian untuk mulai kolaborasi menggiatkan Gerakan Indonesia Pintar melalui PANUTAN, Life skill untuk perempuan, penyediaan sumber belajar 10 pilar pendidikan karakter, mencari dan menemukan anak putus sekolah, Safari GeMBIRA, penanganan kekerasan dan perlakuan salah lainnya di sekolah dst mulai mendapatkan momentumnya.

Merajut impian, menuliskannya bersama-sama, dan bekerja bersama multi pihak dengan langkah-langkah kecil dengan penuh keberanian dan menyerahkan hasilnya pada Allah swt.

Insya Allah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s