Kebangkitan Kesadaran Berbangsa

Kecintaan kami terhadap sejarah tidak lagi hanya bahan obrolan di sela-sela mengenang masa kecil. Hari ini, di Hari Kebangkitan Nasional, rencananya kami akan melaksanakan kegiatan bersama anak-anak yatim dan asosiasi guru sejarah Indonesia untuk membedah jilid pertama Ensiklopedia Lintas Sejarah Indonesia dalam.Literasi Visual yang berjudul Kebangkitan Kesadaran Berbangsa. Namun kami urungkan karena menunggu hasil pendaftaran ISBN oleh PT Binar Cahaya Semesta.

Kebangkitan Para Pelajar

Lama sebelum Boedi Oetomo didirikan, bangsa yang menempati kepulauan Nusantara pernah mengalami kejayaannya. Berbagai peninggalan sejarah menjadi saksi bisu arti penting penduduk Nusantara dalam peradaban manusia. Pandangan dunia orang-orang terdahulu kita melampaui zamannya.

Saat ini ditengah isu demonstrasi mahasiswa besar-besaran di Hari Kebangkitan Nasional, kerinduan akan suasana ketika benih-benih kesadaran berbangsa dari para pelajar Stovia menginspirasi pergerakan di Nusantara begitu membuncah.

Dalam buku Kesadaran Kebangkitan Berbangsa kita diajak untuk menjelajah lintas sejarah bangsa. Dulu sekolah, surau, dan tempat-tempat diskusi para pelajar menjadi tempat lahirnya tokoh-tokoh pergerakan kebangsaan. Dulu sekali para pelopor kemerdekaan tidak sedikit yang menjadi guru. Lembar-lembar inspirasi belajar ramah anak yang disajikan dalam Ensiklopedia Lintas Sejarah Indonesia dalam Litetasi Visual mengobati kerinduan kami akan RA Kartini, Soekarno, Soedirman, para pejuang kemerdekaan bahkan tokoh kontroversi Tan Malaka. Semuanya disajikan dalam literasi visual yang menggugah kesadaran berbangsa bagi para pembacanya.

image

Pendidikan Anak Merdeka

Visi KerLiP untuk menjadi gerakan kesadaran kritis berbasis keluarga dengan Pendidikan Anak Merdeka menjadi perintis dalam.pemenuhan hak pendidikan anak masih terus diisi dan dikembangkan. Kerinduan akan bangkitnya kesadaran berbangsa sejak dini menghantarkan kami pada pemikiran perjuangan pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Tangan-tangan Allah terus memperluas jejaring kami yang tak berhenti bekerja demi kepentingan terbaik anak bangsa. Ensiklopedia Lintas Sejarah Indonesia dalam Literasi Visual membantu keluarga peduli pendidikan untuk menumbuhkan karakter kebangsaan dari akar sejarah bangsa sendiri.

image

Kini, satu per satu pola gerakan KerLiP mulai dikenali terutama oleh para pemangku kepentingan utama. Gagasan dan harapan berjalin kelindan dengan praktik-praktik baik implementasi Pendidikan Anak Merdeka yang maujud dalam aksi-aksi MeSRA mewujudkan Sekolah Ramah Anak.

Kegiatan GeMBIRA di Hari Pendidikan Nasional sehari menjelang Hari Kebangkitan Nasional yang dilakukan di SMAN 15 Bandung menjadi tonggak baru untuk membangun basis gerakan KerLiP di masa depan.

Insya Allah langkah awal sudah diayunkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s