Sekolah yang Menyenangkan

Seingat saya Sekolah yang Menyenangkan adalah judul buku praktik baik Pak Edi R Sudrajat di SD Gemilang Mutafannin. Saya diminta membuat testimoni mengenai buku tersebut oleh Bu Anna Farida, tim penyusun yang juga orangtua peserta didik SD Gemilang Mutafannin. Istilah ini kembali teringat saat melihat running text di salah satu stasiun TV.

image

Mutafannin

Kata ini saya baca dalam buku Renaissance of Asia nya Anwar Ibrahim. Kata yang sering dijadikan bahan diskusi saat membahas Rausan Fikr-nya Ali Shariati dan Para Pembaharu. Saya beruntung bisa bergabung di MI Asih Putera melalui seleksi terbuka yang diiklankan Pak Edi Direktur Perguruan Asih Putera pada tahun 1998. Saat itu saya berusaha mencari dan menemukan sekolah yang menyenangkan bagi putri sulung kami. MI Asih Putera menjadi pilihan terakhir setelah berhasil masuk menjadi staf Pusat Sumber Belajar dan merintis Litbang Asih Putera.

Madrasah yang terletak di salah satu gang di kota Cimahi ini menjanjikan banyak harapan. Guru-guru MI Asih Putera tak pernah berhenti berkreasi. LKS Terpadu mereka susun sampai diterbitkan oleh kolega saya pendiri PT Kiblat Buku Utama. Disanalah saya bertemu keluarga-keluarga peduli pendidikan yang sangat terbuka terhadap pembaharuan. Bersama komite MI Asih Putera lah saya dan kawan-kawan merintis dan mengembangkan gerakan KerLiP .

Lembaga Mutafannin diprakarsai Pak Edi saat kami bersama-sama merintis dan mengembangkan konsep Pendidikan Anak Merdeka di SD Hikmah Teladan. Gagasan Pak Edi untuk mendirikan CV Gemilang Mutafannin membuat kami memilih jalan masing-masing pada tahun kedua SD Hikmah Teladan didirikan. Pekerjaan konsultan dan litbang Pendidikan Anak Merdeka di SD Hikmah Teladan saya lanjutkan bersma Pak Sandi dan Pak Aripin dalam wadah Tim Litbang KerLiP.

image

Belajar dari Praktik Baik

Beberapa waktu yang lalu saya sempat menjelaskan kepada anggota tim penyusun rekomendasi Sistem Pendidikan Nasional. Pernyataannya bahwa saya meniru istilah praktik baik membuat saya terhenyak. Alhamdulillah berbagai dokumen yang tersimpan di email membantu saya untuk menjelaskan bahwa sejak awal mendirikan sekolah ramah anak kami mulai dari praktik-praktik baik sahabat dan mitra KerLiP. Aktivitas belajar bersama para pegiat Pengurangan Risiko Bencana di KPB istilah best practices selalu kami kumpulkan dalam good practices.

Bagi sahabat KerLiP, semua anak adalah unik. Sekolah-sekolah berprogram khas yang kami dirikan sejalan dengan pengembangan Pendidikan Anak Merdeka di SD Hikmah Teladan merupakan model inofusion di pendidikan, inovasi yang didifusikan dengan kekhasan nilai-nilai luhur yang ingin dikedepankan keluarga/komunitas yang mendirikan sekolah. Istilah Sekolah Berprogram Khas merupakan antitesa terhadap Sekolah Unggulan yang kami anggap menyesatkan pikiran.

Allah menciptakan manusia dalam bentuk yang sempurna dan setiap anak adalah unggulan.

Belajar dari praktik baik pula yang membawa kampanye dan advokasi Pendidikan Untuk Semua yang diinisiasi sahabat dan mitra KerLiP dalam Dialog Komunitas Pendidikan sejak 2002 terus berkembang. Berbagai model pemenuhan hak pendidikan anak kami kembangkan bersama multipihak mulai dari Sekolah yang Menyenangkan, Sekolah berprogram Khas, Program  NEM unggul, penyusunan 27 model kurikulum dan bahan ajar, Komunitas Belajar Mandiri, Sekolah Inklusi, SAnDi KerLiP, Rumah KerLiP, Go Green School, Sekolah Siaga Bencana, Dasawisma Siaga Bencana, Sekolah/Madrasah Aman dari Bencana, Sekolah Idaman Anak dan Keluarga, Sekolah KecilQBKB KerLiP, PANUTAN: Pendidikan Anak Merdeka, Bemutu, Bebas Pungutan, serta terakhir dikemas dalam Gerakan Sekolah Ramah Anak.

image

Aksi-aksi MeSRA dalam kerangka kerja GeMBIRA bersama KerLiP kami kembangkan seiring dengan advokasi SRA dalam konteks Kabupaten/Kota Layak Anak.

Insya Allah seluruhnya demi kepentingan terbaik anak

Advertisements

One thought on “Sekolah yang Menyenangkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s