Aksi Perempuan untuk Bangsa

GeMBIRA menyambut dimulainya kolaborasi perempuan dari berbagai kalangan untuk mewujudkan program PANUTAN. Pagi kemarin dalam perjalanan menyusuri purbaleunyi disepakati rencana kolaborasi dengan Eva, sahabat pendiri Yayasan Litara. Buku-buku cerita anak berkualitas tinggi yang disiapkan Eva dkk siap mengisi 365 hari Membaca Bersama Anak.

Menjadi Penanggap

Pagi ini saya menerima undangan dari Ngurah, sahabat perempuan muda yang bekerja di Plan Intenasional Indonesia, untuk menjadi salah satu penanggap dalam workshop nasional Modul Fasilitasi Sekolah Aman. Alhamdulillah inisiasi Seknas Sekolah Aman yang dirintis 2011 lalu terus bergulir. Sahabat-sahabat pegiat Pengurangan Risiko Bencana dan Adaptasi Perubahan Iklim di sekolah kembali berkumpul. Tanggapan dari berbagai pihak menumbuhkan tekad baru untuk mendorong Zamzam menerbitkan hasil belajar bersama multipihak dalam menerapkan Sekolah/Madrasah Aman dari Bencana.

Tanggapan lirih dari Eva yang baru pertama kali terpapar istilah-istilah dalam Pengurangan Risiko Bencana menginspirasi munculnya tekad ini. Alhamdulillah Zamzam.menyambut baik setelah kami.membahasnya secara khusus di perpustakaan Kemdikbud. Badan otonom baru pun lahir dengan nama  MOVE ID. Lembaga monitoring dan evaluasi mandiri yang akan dikembangkan Zamzam seiring dengan berbagai peluang untuk tumbuh bersama KerLiP.

Sahabat Kartini siap beraksi

Pertemuan dengan bu Hana, bendahara Sahabat Kartini dalam kegiatan di Caraka Loka diprakarsai oleh Mbak Rani, ketua umum perkumpulan Ibu-Ibu peduli perempuan.

image

Saya mencatat beberapa usul dari bu Hana untuk kegiatan peduli anak yang akan diajukan Sahabat Kartini ke Artha Graha antara lain; 1. Sekolah Ramah Anak menuju KLA 3. Pengadaan bahan bacaan 10 pilar karakter 4. Keluarga berkualitas ramah anak. Inisiatif luar biasa ini melengkapi PANUTAN yang akan dirintis Sahabat Kartini di Rusun Cakung Jakarta Timur bersinergi dengan ibu Vero Ahok dan PKK DKI Jakarta.

Hingga tengah malam tadi, mbak Rani berusaha menghubungi karena  sudah tidak sabar untuk segera beraksi.

Insya Allah pegiat Gerakan Indonesia Pintar makin meluas dengan bergabungnya Litara dan sahabat Kartini.

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s