Perempuan PANUTAN

Tiba-tiba saja kata PANUTAN kembali terlintas saat aku mengingat betapa pintarnya perempuan itu menjalin kata.
Duduk di hadapan sosialita peduli pendidikan yang berdandan khusus dengan kebaya encim spesial dengan wewangi yang bertebaran tidak membuatnya kehilangan pesona. Untaian kata perempuan pendamping setia Gubernur DKI Jakarta ini mengalun indah memenuhi pikiranku.

image

“Kami memerlukan dukungan bagi pemberdayaan keluarga penghuni 11 rusun yang ada di Jakarta Pusat, Timur dan Barat.” Bu Vero Ahok, begitu kami menyebutnya, melanjutkan kalimat pembuka tersebut dengan menyebutkan lokasi rusun, yayasan pendamping serta UPT yang mengelola semua rusun. “Martha Tilaar dengan beberapa paket pelatihan, Nestle, Tzhu Chi dst sudah bekerja membantu kami dengan mendirikan PAUD dan pelatihan keterampilan.” Kata bu Vero Ahok.

Hari ini bu Vero menerima Sahabat Kartini terkait rencana peluncuran Gerakan Indonesia Pintar yang kami siapkan bersama KerLiP dan Yayasan GIP. Rencananya akan dijalin bersama program Jakarta Tempo Doeloe yang diprakarsai Bu Wawa salah satu pengurus Sahabat Kartini. Visi misi Sahabat Kartini sejalan dengan gagasan dan harapan bu Vero Ahok dalam meningkatkan kesejahteraan keluarha di 11 rusun yang dibangun pemerintah provinsi DKI Jakarta.

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak

Berkas yang ditunjukkan staf bu Vero mengingatkanku akan diskusi intens dengan Dheka, guru Dwi Warna yang diminta Kepala Sekolah Dwi Warna sahabat bu Vero untuk membantu menjadikan Jakarta Layak Anak. Benar saja, saat dikonfirmasi ternyata bu Carmen yang mendampingi bu Vero mengenal Dheka dengan baik.

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang dipaparkan bu Vero menjadi bahasan yang menarik. Beberapa praktik baik Komunitas Belajar Mandiri di Kampung Jawa dan Kampung Salo, ORK3STRA di dasawisma, 20 menit yang memukau prakarsa Komunitas Dakocan dan pelatihan Agen MeSRA yang diinisiasi KerLiP akan dirangkai memperkuat RPTRA dengan kegiatan GeMBIRA di DKI Jakarta.

Tak lupa kusampaikan juga arti penting RPTRA yang diinisiasi PKK DKI Jakarta dalam penyusunan Perpres Sekolah Ramah Anak yang sedang disusun KerLiP bersama 15 K/L dalam koordinasi KPPPA. Kami bersepakat untuk menindaklanjuti obrolan ini dengan memperkuat kolaborasi dengan Yayasan Putra Bahagia.

image

Semangat Gotong Royong

Mas Aji Notonegoro menyampaikan tentang rencana penyelenggaraan Jakarta Tempo Doeloe dalam kegiatan seperti seminar di Museum Gajah dan kunjungan ke museum disambut baik. Bu Vero menjelaskan bahwa di Jakarta ada museum fatahillah dan musium textil. Obrolan pun makin menarik. Kami sepakat untuk menyiapkan Sepekan Aksi GeMBIRA memperingati Proklamasi Kemerdekaan NKRI untuk merangkai Jakarta Tempo Doeloe, peluncuran Gerakan Indonesia Pintar, dan Pembinaan Perempuan PANUTAN di rusun. Bu Vero mengenalkan mbak Cecilia sebagai focal point persiapan Sepekan Aksi GeMBIRA yang disiapkan Sahabat Kartini-KerLiP-GIP dan PKK DKI Jakarta.

image

Berkali-kali Mbak Rani, ketua Sahabat Kartini menegaskan bahwa pembinaan perempuan rusun akan menjadi prioritas Sahabat Kartini di DKI Jakarta. Para pengurus Sahabat Kartini yang hadir dalam pertemuan juga menyebutkan dukungan-dukungan yang dapat diberikan termasuk starter kit untuk modal kerja. Bu Vero Ahok menyampaikan tantangan, peluang dan prosedur yang dapat dimanfaatkan Sahabat Kartini untuk bekerjasama mendampingi perempuan dan anak di rusun.

Semangat gotong royong ini sejalan dengan prakarsa Mendikbud, Mas Anies Baswedan yang terus aktif menyatukan langkah-langkah berbagai komponen bangsa termasuk relawan dalam membangun gerakan perbaikan pendididikan. Program pembinaan perempuan PANUTAN akan segera disiapka untuk menjadi program Sahabat Kartini dalam menggiatkan Gerakan Indonesia.Pintar di Rusun DKI Jakarta.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s