Simphoni Bangsa dalam Gerakan Indonesia Pintar

Setelah berkali-kali gagal bertemu, akhirnya Mbak Miranti Serad tante dari bu Sari pengurus harian KerLiP Bandung terlaksana di coffee shop hotel Centuri.
Rencana peluncuran Gerakan Indonesia Pintar menjadi topik utama dalam pertemuan tersebut. Alhamdulillah, Mbak Mira sangat sigap. Kami langsung terhubung dengan Sahabat Kartini yang dipimpin oleh Mbak Rani. Mbak Mira menjadwalkan pertemuan KerLiP dengan Sahabat Kartini pada hari Jum’at pukul 11 seusai kegiatan dengan Dit PKLK Ditjen Dikmen kemdikbud.

Sinergi

Malam itu dalam perjalanan pulang ke Bandung, saya menerima telpon dari Kadisdikprov Riau. Pemprov Riau berkomitmen untuk memastikan semua anak menikmati hak atas pendidikan dengan merapikan Dapodik, Guru Berkarakter, Pendidikan Ramah Anak Bermutu dan Bebas Pungutan serta perluasan akses melalui pendidikan layanan khusus. Kami akhirnya menemukan kata PANUTAN untuk mengemas program Pendidikan Ramah Anak Bermutu Bebas Pungutan.

Pak Kamsol, Kadisdik Provinsi Roau mengundang pengurus inti Gerakan Indonesia Pintar untuk melakukan identifikasi masalah bersama Kadisdik kota/kabupaten se-provinsi Riau pada hari Jum”at pukul 8 sd selesai.

Sangat disayangkan waktunya bentrok. Kami sudah berkomitmen untuk bertemu dengam Sahabat Kartini.

Keputusan yang baik karena ternyata perempuan-perempuan sosialita ini sedang merumuskan program yang tepat untuk memperkuat Sahabat Kartini. Kami bertemu di sebuah cafe di Hotel Ritz Carlton Pacific Place.

image

Saya menyambut baik permintaan Mbak Rani, ketua umum Sahabat Kartini yang meminta saya untuk masuk memperkuat program pendidikan di komunitas sosialita ini.
Kami sepakat untuk membentuk aliansi Gerakan Indonesia Pintar-KerLiP-Sahabat Kartini dan memanfaatkan kantor di Wisma Bakrie II sebagai sekretariat.

Kami sepakat untuk mengubah kepanitiaan peluncuran Gerakan Indonesia Pintar dengan memasukkan nama-nama dari Sahabat Kartini dan KerLiP. Peluncuran GIP akan digandeng dengan Jakarta Tempo Doeloe yang digagas bu Wawa dan menjadi mata acara dalam Sepekan Aksi Pendidikan Untuk Semua di Bulan Kemerdekaan.

Peluncuran GIP akan ditandai dengan pembacaan tentang Kartini dan Ki Hadjar dari jilid 1 Sejarah Kebangkitan Bangsa Indonesia dalam Literasi Visual yang diterbitkan Binar Pustaka dilanjutkan dengan pemberian 500 paket buku tersebut untuk anak dan guru diiringi fashion show batik nusantara. Kami sepakat untuk menyelenggarakan peluncuran GIP pada awal bulan Agustus 2015 sebagai wujud dari rintisan silaturahmi masyarakat dan pemerintah untuk harmoni (SIMPHONI) bangsa antara Gerakan Indonesia Pintar-KerLiP-Sahabat Kartini.

GeMBIRA mulai dengan menjadi Panutan

Tidak mudah meyakinkan banyak pihak untuk menggiatkan Gerakan Membangun Indonesia Ramah Anak (GeMBIRA) apalagi mulai dengan Pendidikan Ramah Anak Bermutu Bebas Pungutan (PANUTAN). Setelah diskusi sampai jelang subuh, akhirnya sinergi gagasan dan harapan bersama para pengurus Gerakan Indonesia Pintar melahirkan program Riau Cerdas 2017 wajar 12 tahun layak bermutu ramah anak bebas pungutan.

image

Bang Alpha siap menyebarluaskan gagasan ini melalui media cetak dan elektronik dalam kerangka aksi #GerakanIndonesiaPintar. Pak Kamsol memfasilitasi diskusi awal yang akan dilanjutkan sampai hari minggu sore bersama bu Lilik. Saya berkomitmen penuh untuk menghitung kebutuhan anggaran yang memadai agar program tersebit diperkuat dengan PPG online, penerapan SPM Dikdas di Sekolah Inti, Dikmen di sekolah rujukan dan sekolah induk untuk pendidikan layanan khusus, penggunaan CBT untuk UN SMA/SMK. Insya Allah demi kepentingan terbaik anak bangsa khususnya di wilayah Riau.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s