GeMBIRA bersama KerLiP

Senang sekali melihat Syahna antusias menyambut rencana perluasan dampak beberapa kegiatan yang dilaksanakan KerLiP bersama Fokab dan FAD Jabar. 
image

Gerakan Membangun Indonesia Ramah Anak (GeMBIRA) tercetus ketika bu Ninin, Asdep Pemenuhan Hak Pendidikan Anak Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PHPA TKA KPPPA) memasukkan KerLiP sebagai salah satu anggota panitia peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2013. Kegiatan Sehari GeMBIRA Bersama Presiden menjadi salah satu kegiatan terpenting yang disiapkan bu Ninin untuk menggairahkan pemenuhan hak dan perlindungan anak di sekolah. Ternyata Syahna sangat beruntung terpilih sebagai perwakilan dari Forum Anak Daerah Jawa Barat mengikuti kwgiatan Sehari Bersama Presiden SBY

Beningnya Suara Anak

Kemitraan KerLiP dengan anak dan sobat muda sudah berjalan sejak Lobby Akbar Anak bersama walikota Bandung dan berlanjut dengan para calon Presiden RI pada tahun 2004. Temuan Hafiyan murid SD Hikmah Teladan Cimahi dalam kegiatan children missing out mapping memikat hati audiens. Hafiyyan menyampaikan bahwa di keluarganya alokasi untuk pendidikan disediakan dalam 1 amplop. Ayah bunda Hafiyyan membagi rata penerimaan bulanan mereka dalam 5 amplop terpisah. Kami pun diundang ke rumah ketua MPR bersama alumni Gamais ITB yang memfasilitasi Lobby Akbar Anak dengan capres di Hotel Panghegar. Tidak lama setelah pertemuan tersebut kami mendengar amandemen keempat UUD 1945 menetapkan alokasi anggaran sekurang-kurangnya 20% dari APBN dan APBD untuk membiayai pendidikan. Sejak saat itu dalam setiap kesempatan kampanye dan advokasi Education for All yang dilaksanakan KerLiP selalu memperdengarkan beningnya suara anak.

Pada tahun 2010 sahabat-sahabat KerLiP menggelar GERASHIAGA menjadikan anak dan kawula muda mitra dalam penerapan sekolah aman, sehat, hijau, inklusi, ramah anak dengan dukungan keluarga. Gerakan ini diperkuat dengan pelembagaan Gerakan Siswa Bersatu (GSB) Mewujudkan Sekolah Aman (MSA) yang merupakan praktik baik GERASHIAGA di SMPN 11 Bandung. Para pembaharu muda seperti Arlian Puri, Ria Putri Primadanti dalam dampingan ibu Nia Kurniati dan Amilia Agustin menjadi sumber inspirasi tiada henti dalam GERASHIAGA. Berbagai seminar, pelatihan, FGD di tingkat sekolah, komunitas, kota/kabupaten, provinsi, nasional, Asia Pasifik sampai tingkat dunia tak pernah absen memperdengarkan suara anak. Anak sebagai agent of change dalam mewujudkan dunia yang lebih layak anak. Kami mendapat kehormatan mengirimkan Nabila Ishma dari SMPN 7 dan Allisa Putri Maryam untuk mengikuti World Conference of Disaster Risk Reduction dalam dampingan Nurul Fitry Azizah alumni UI Direktur Green SMile Inc pada bulan Maret 2015 lalu dengan dukungan penuh Direktorat PSMP Ditjen Dikdas Kemdikbud RI dan keluarga sahabat Zamzam Muzaki yang tinggal di Sendai serta Prof Ishami.

image

Cafe Ilmu GeMBIRA

Kami sangat beruntung mendapat kesempatan mendampingi SMANSA Dago dalam menerapkan pengurangan risiko bencana di sekolah. Saat itu Siti Azizah Namirah mahasiswi Kesos UI magang di KerLiP dan bersedia menjadi pendamping pelembagaan GSB MSA di SMANSA dan MAN 1 Kota Bandung difasilitasi Iwang Supartika dan Aldissain Jurizat mahasiswa berprestasi dari UPI Bandung.

Posisi strategis SMANSA di Dago CFD dan dukungan Pak Cucu Saputra sebagai Kepala Sekolah mendorong sahabat KerLiP untuk membuka Cafe Ilmu bersama anak-anak yang aktif di Forum Anak Kota Bandung (Fokab) dan Forum Anak Jawa Barat (FAD Jabar). Teh Iwang memindahkan stand GERASHIAGA di halaman Bank Muamalat dengan dukungan bu Nia dan GSB MSA SMPN 11 dan relawan dari STKS. Dukungan Bapusipda Kota Bandung dengan mobil perpustakaan keliling dan kreativitas 3R dari Bu Nia, GSSI, sobat sains dan pencak silat dari YKPA kabupaten Bandung turut memeriahkan Cafe Ilmu GeMBIRA. Harapan kami anak-anak dan keluarga mampir membaca buku dan menikmati sajian dari anak dan kawula muda yang menggiatkan #AbadikanIlmudenganBerbagi praktik baik.

Safari GeMBIRA

Komitmen KerLiP untuk mengawal kampanye sejuta sekolah dan rumah sakit aman sejalan prakarsa UNISDR melalui aksi-aksi #MeSRA mewujudkan Sekolah Ramah Anak terus kami laksanakan. Safari GeMBIRA adalah reinkarnasi dari roadshow GERASHIAGA yang diperkenalkan Nirwan ketua OSIS SMAN 19 Bandung yang bergabung menjadi Agen MeSRA pada tahun 2013. Nirwan memulai Safari GeMBIRA ke SDN Kordon di Kabupaten Bandung Barat bersama Bilqis, Naretta, Sendra dan Faridz. Nirwan pula yang mendukung Bilqis untuk meluncurkan #SPeAKnACTBdg pada tanggal 20 Mei 2014 di Cafe Ilmu GeMBIRA bersama Kadisdik Bandung dan Ibu Atalia Ridwan Kamil sertavKrpala BP3AKB Jabar.

Kegiatan Safari GeMBIRA mengemas kampanye Youth Evacuation Simulation for Safer School # YES4SS transisi kampanye sekolah aman bencana ke MeSRA, sosialisasi hak-hak anak, konselor sebaya melalui Pojok Sahabat Anak, Sajam Ameng diluar Kelas, Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dan pojok GeMBIRA.

Saat ini kami bekerjasama dengan Fokab dan FADJabar yang diketuai Syahna menggiatkan #GeMBIRAbersamaKerLiP melalui Safari GeMBIRA dan SPeAKnACT di Cafe Ilmu GeMBIRA. Besar harapan setidaknya 5 sekolah menengah penerima bansos SRA dari BP3AKB Jabar menjadi mitra strategis FADJabar dan Forum Anak di Kabupaten/Kota setempat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s